19.8 C
New York
Wednesday, July 3, 2024

Utang Pelindo Bakal Susut Rp8 T, Gegara Jual Tol Cibitung-Cilincing

Jakarta, MISTAR.ID

Beban utang perseroan PT Pelindo (Persero) tahun ini akan turun sebesar Rp8 triliun. Penurunan hutang tersebut karena perseroan akan mendivestasikan 65% sahamnya di Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC).

Direktur Utama Pelindo, Arif Suhartono mengatakan, penuruanan itu terjadi berkaitan dengan dengan divestasi jalan tol mereka. “Diharapkan selesai di tahun 2024 maka akan mengurangi hutang sekitar Rp8 triliun,” ujar Arif dalam rapat bersama dengan Komisi VI di gedung DPR RI Jakarta, Rabu (3/7/24).

Arif mengatakan, posisi hutang Pelindo usai merger terus menyusut. Pada tahun 2021 sebesar Rp50,90 triliun yang merupakan gabungan hutang dari Pelindo I, II, III, dan IV.

Sementara untuk tahun 2023 menjadi sebesar Rp 9,87 triliun. Sedangkan pada 2024 diproyeksi utangnya akan turun ke posisi Rp 41,93 triliun. “Setelah merger, sejak 1 Oktober 2021 sampai dengan hari ini, Pelindo sudah melunasi hutang sekitar Rp11 triliun,” sebutnya.

Baca Juga : Dugaan Monopoli Usaha, Pelindo Kuala Tanjung Dilaporkan HMI Sumut ke KPPU

Untuk diketahui, Jalan Tol Cibitung-CIlincing dibangun dan dioperasikan oleh PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways (PT CTP), konsorsium milik PT Akses Pelabuhan Indonesia dan PT Menara Maritim Indonesia. Kedua perusahaan tersebut merupakan anak usaha PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL).

Adapun alasan Pelindo masuk ke sektor jalan tol dalam rangka menjamin akses hinterland atau Pelabuhan Tanjung Priok di tahun 2015. Sebab, saat itu sekitar 60-70% kargo yang menuju Tanjung Priok berasal dari sisi timur Jakarta.

Arif memastikan tidak ada niat Pelindo untuk mempertahankan dan itu akan dilepas yang diharap selesai di 2024. Saat ini jalannya sudah beroperasi. Ia mengaku, dana investasi jalan tol tersebut sebesar Rp9 triliun. “Yang akan di divestasi 65% karena kami masih melanjutkan proyek New Priok Eastern Access yang akan menghubungkan Kalibaru dengan jalan tol ini,” pungkasnya. (mtr/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles