13.3 C
New York
Friday, May 10, 2024

Tujuh Wisata Desa di Sumut Masuk Tahap Inkubasi

Medan, MISTAR.ID

Tahun 2023, Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Sumatera Utara (Sumut) telah mengidentifikasi tujuh desa wisata sebagai piloting program Ekosistem Keuangan Inklusif (EKI).

Tujuh desa wisata ini terdiri dari Desa Timbang Jaya di Kabupaten Langkat, Desa Lologolu di Kabupaten Nias Barat, Desa Sidodadi dan Desa Pematang Johar di Kabupaten Deli Serdang, Desa Budaya Lingga di Kabupaten Karo, Desa Karang Anyar di Kabupaten Simalungun, dan Desa Lumban Bulbul di Kabupaten Toba.

Dikatakan Kepala Regional 5 Sumatera Bagian Utara, Bambang Mukti Riyadi tujuh desa wisata ini telah masuk tahap inkubasi.

Baca juga : Percepatan Akses Keuangan di Desa Wisata Pematang Johar Sedang Dikembangkan

“Hingga Juli 2023, ketujuh desa wisata tersebut telah memasuki tahap inkubasi yang dapat secara intensif membantu Pemerintah Desa, UMKM, dan masyarakat setempat dalam meningkatkan kualitas dan akses pembiayaan di desa wisata dengan moto 3K (Komitmen, Kolaborasi, dan Keberlanjutan),” kata Bambang, Kamis (24/8/23).

Dalam pengembangan EKI di tujuh desa wisata di Sumut ini diharapkan dapat mendukung pencapaian tujuan pembangunan nasional yang berkelanjutan yang tercantum dalam 18 poin Sustainable Development Goals (SDGs) Desa yang ditetapkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

“Adapun untuk implementasi program EKI desa wisata akan berlangsung secara berkelanjutan selama tahun 2023. Rangkaian kegiatan ini akan melalui tiga tahapan dalam mengoptimalkan potensi desa. Pertama, Tahap Pra-inkubasi, dimana proses identifikasi dan pemetaan potensi desa akan dilakukan melalui metode survei dan focus group discussion (FGD).

Related Articles

Latest Articles