13.3 C
New York
Friday, May 10, 2024

Sidak, KPPU Masih Temukan Keterlambatan Pasokan di Medan

Medan, MISTAR.ID

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) kembali melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke distributor minyak goreng (migor), Kamis (17/3/22). Sidak bersama Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan dan Polrestabes Medan ini menuju beberapa distributor migor di Jalan Medan Binjai.

“Sidak sebelumnya kita ke distributor juga. Waktu itu ada indikasi dari produsen terhambat pasokannya. Di sini juga ada informasi semacam itu juga, distribusi dari Wahaya sebagai distribusi tunggalnya Musimas. Juga terbatas pasokannya ke sini,” ucap Kepala KPPU Kanwil I Ridho Pamungkas.

Artinya, sambung Ridho, KPPU masih lihat keterlambatannya ada di level distributor utama. karena Wahana dan Musimas terafiliasi satu produsen.

Baca Juga:1.080 Liter Minyak Goreng Diamankan dari Loket Bus PMH Tujuan Pekan Baru

“Jadi belum kita cek lebih jauh di level produsen. Hanya saja permasalahannya dari yang ada. Dari informasi seperti itu, catatannya hanya saat ini harga sudah dilepas lagi harga HET sudah dicabut. Pembelian kemarin sudah di harga lama. Kita mau pastikan apakah dijual masih HET atau dilepas di harga kompetitif atau pasar,” terangnya.

Terkait masalah HET ini, jelas Ridho, untuk migor curah masih diatur. Sehingga KPPU memastikan apakah ada penyelewengan. Karena harga yang untuk masyarakat bawah ini apakah akan dilepas ke industri dengan harga HET.

“Kita juga mengingatkan distributor jangan sampai minyak curah ini dikemas menjadi minyak kemasan. Karena akan langka juga nanti minyak curah ini. Indikasi kartel kita masih mendalami salah satunya,” sebutnya.

Baca Juga:Pemkab Batu Bara dan Polres Gelar Pasar Murah Minyak Goreng

“Taruhlah ini sebagai sinyal ketika harga HET diatur migor langka setelah dilepas dibanjiri di pasaran. Jadi salah satu sinyal juga mereka melakukan penahanan pasokan dengan tujuan tertentu. Ketika dibuka mereka melakukannya itu menjadi sinyal juga. Menjadi salah satu pendalananya,” pungkasnya. (anita/hm12)

Related Articles

Latest Articles