18.6 C
New York
Monday, April 29, 2024

Rupiah Menguat Terhadap Dolar AS

Jakarta, MISTAR.ID
Pada, Senin (8/2/21), US$ 1 setara dengan Rp14.000 kala pembukaan perdagangan pasar spot. Rupiah menguat 0,14% dibandingkan posisi penutupan perdagangan akhir pekan lalu. Jika rupiah terus menguat, maka level di bawah Rp14.000/US$ bukan pepesan kosong.

Nilai tukar rupiah ini terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat di perdagangan pasar spot pagi ini. Prospek perbaikan ekonomi seiring melandainya pandemi virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19) membuat investor bersemangat dan siap memburu aset-aset berisiko.

Baca Juga:IHSG Dan Rupiah Ditutup Menghijau 

Sepanjang pekan kemarin, rupiah stagnan saja di hadapan dolar AS. Mengawali pekan di Rp14.020/US$, mata uang Tanah Air berakhir di posisi serupa pada akhir pekan. Namun awal pekan ini, rupiah seakan ingin balas dendam. Kesempatan itu datang karena investor sepertinya sedang mengambil untung di dolar AS.

Setelah menguat 1,02% dalam sebulan terakhir, Dollar Index (yang menggambarkan posisi greenback di hadapan enam mata uang utama dunia) terkoreksi 0,2% pada pukul 07:39 WIB. Kemungkinan investor sedang ramai-ramai menjual dolar AS karena mata uang Negeri Paman Sam sudah ‘mahal’. Iming-iming cuan gede membuat investor melepas dolar AS sehingga nilai tukarnya melemah.(cnbc/hm10)

Related Articles

Latest Articles