15.9 C
New York
Thursday, May 16, 2024

Perry Warjiyo Kembali Menjadi Gubernur BI 2023-2028

Jakarta, MISTAR.ID

Perry Warjiyo resmi menjadi Gubernur Bank Indonesia periode 2023-2028. Setelah mengucapkan sumpah jabatan di hadapan Ketua Mahkamah Agung Syarifuddin di gedung Mahkamah Agung Jakarta.

Perlu yang sudah menyelesaikan masa jabatannya sebagai Gubernur BI periode tahun 2018-2023, terpilih kembali sebagai Gubernur BI melalui uji kelayakan di komisi XI-DPR RI. Dengan demikian Perry menjadi orang pertama yang menjabat Gubernur BI selama dua periode.

“Berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 38/P/2023 tanggal 5 Mei 2023, Saudara Perry Warjiyo telah diangkat sebagai Gubernur BI. Sebelum memangku jabatan Bank Indonesia, Saudara wajib mengucapkan sumpah, bersediakah Saudara mengucapkan sumpah berdasarkan agama Saudara,” kata Ketua MA Syarifuddin di gedung MA, Rabu (24/5/2023).

Perry menjawab, “Bersedia”, Lalu mengucapkan sumpah dan menandatangani berkas sumpah jabatannya. Pengucapan sumpah Gubernur BI hari ini dihadiri oleh para pejabat Bank Indonesia, Anggota DPR dan sejumlah menteri.

Baca juga : Namanya Beredar Jadi Calon Gubernur BI, Ini Kekayaan Sri Mulyani

Nampak Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati juga hadir dalam acara itu. Dari laman Bank Indonesia, Perry Warjiyo lahir di Sukoharjo pada tahun 1959.

Ia menempuh pendidikan di Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, dan selesai tahun 1982. Perry kemudian melanjutkan pendidikan di Iowa State University hingga meraih gelar Master tahun 1989.

Perry juga menyandang gelar Ph.D di tahun 1991. Sebelum menjabat sebagai Gubernur BI, Perry pernah menjabat sebagai Deputi Gubernur BI periode 2013-2018.

Perry juga pernah menjabat sebagai Asisten Gubernur untuk kebijakan moneter, makroprudensial dan internasional. Serta pernah menjadi Direktur Eksekutif Departemen Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter Bank Indonesia.(KBRN-RRI/hm19)

 

Related Articles

Latest Articles