10.7 C
New York
Friday, May 10, 2024

Pengamat: Konflik Israel-Hamas Belum Pengaruhi Kinerja Ekonomi Sumut

“Nah, situasi kian memburuk manakala perang di teluk terjadi. Ancaman kenaikan harga minyak dunia mencuat. Kenaikan harga minyak dunia jelas akan membuat harga BBM di tanah air mengalami kenaikan, terlebih untuk BBM non subsidi. Dan, jika harga minyak konsisten naik dan bertahan untuk waktu yang lama, maka akan mengganggu kemampuan APBN untuk subsidi,” jelasnya.

Gunawan berpendapat, ancaman nyata dari konflik Israel – Hamas saat ini ada di minyak. Sedangkan untuk perdagangan tidak akan begitu terpengaruh dengan konflik tersebut, selama tidak berdagang banyak dengan negara-negara Teluk, maka tidak akan terlalu mempengaruhi ekonomi nasional.

Baca Juga: Performa Ekspor Karet Sumut masih Stagnan, Ini Pemicunya

“Selain itu, situasi terkini di pasar keuangan tanah air juga tidak begitu terpengaruh dengan konflik Palestina dan Israel. Bagi Sumatera Utara, perang tersebut juga belum memberikan dampak yang besar terhadap kinerja perekonomian secara keseluruhan,” kata dia.

Ancaman kenaikan harga minyak mentah dunia, menurut Gunawan, justru bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi harga minyak sawit.

“Karena harga minyak sawit atau CPO bisa naik mengikuti perkembangan harga komoditas lainnya. Apalagi selama ini, harga komoditas CPO kerap diuntungkan dengan kenaikan harga minyak mentah maupun harga komoditas subtitusi lainnya,” lanjutnya.

Sejauh ini, harga minyak dunia masih tepantau relatif stabil, khususnya setelah Rusia membatasi ekspor solar Dan bensin. (Anita/hm22)

Related Articles

Latest Articles