22.2 C
New York
Monday, April 29, 2024

Pasokan dari Jawa Sedikit, Harga Bawang Merah Melambung di Kota Medan

Medan, MISTAR.ID

Harga bawang merah hingga saat ini masih bertahan mahal di pasar tradisional di Kota Medan. Salah satunya di Pasar Simpang Limun Medan harga bawang merah ini masih dijual di harga Rp36.000 hingga Rp38.000 per Kg. Biasanya paling mahal harga bawang merah dijual Rp28.000 per Kg.

Menurut Pengamat Ekonomi Sumatera Utara, Gunawan Benjamin di sejumlah pedagang menjual bawang merah saat libur Waisak dijual pada rentang Rp40.000 hingga Rp45.000 per Kg.

“Walaupun ada yang menjual Rp48.000 per Kg. Itu harga bawang merah yang sejauh ini paling mahal yang saya temukan. Pada dasarnya kenaikan harga bawang merah tersebut sudah terjadi sejak perayaan Idul Fitri sebelumnya,” sebut Gunawan, Selasa (17/5/22)

Baca juga: Harga Bawang Merah Melonjak Naik, Cabai Merah Turun

Menurut Dosen UISU ini, kenaikannya masih terus berlanjut hingga hari ini. Temuan di lapangan sejauh ini, mahalnya harga bawang merah lebih dikarenakan oleh pasokan yang lebih sedikit dari Pulau Jawa.

“Umumnya bawang merah dari Jawa menjadi penggerak harga bawang merah di Kota Medan maupun Sumut secara keseluruhan,” imbuhnya.

Jika ditelusuri lebih jauh, sejumlah pedagang mengeluhkan penurunan stok dari petani. Gagal panen menjadi salah satu alasan penurunan stok dan mahalnya harga bawang merah belakangan ini. Di sisi lain, sejumlah sumber juga menyatakan ada gangguan distribusi karena pengiriman melalui kapal laut juga terganggu.

“Menurut estimasi mereka (pedagang) kapal laut baru beroperasi nanti setelah 20 Mei 2022. Diperkirakan setelah itu distribusi barang akan lebih lancar dan diharapkan bisa menekan kembali harga bawang merah. Dari sejumlah alasan pemicu kenaikan harga bawang merah, maka yang perlu diwaspadai adalah gagal panen yang bisa membuat penurunan produktifitas di tingkat petani,” bebernya.

Baca juga: Produksi Bawang Merah Tembus 11 Ribu Ton Sejak Tahun 2021 di Humbahas

Kalau gangguan distribusi ini, menurut Gunawan pada umumnya hanya berlangsung sesaat dan jangka pendek. Tidak berkepanjangan seperti masalah gagal panen. Nah, sejauh ini pasokan bawang merah di sejumlah pasar tradisional di Kota Medan banyak dipasok bawang merah dari wilayah Sumut dan Sumatera Barat.

“Sehingga saya menyimpulkan harga bawang merah yang mahal saat ini sementara masih akan terjadi dalam jangka pendek. Belum bisa dikatakan bahwa akan terjadi kenaikan harga bawang merah dalam waktu yang lama. Kita tunggu saja dalam waktu dekat ini. Khususnya saat gangguan distribusi teratasi,” tukasnya. (anita/hm09)

Related Articles

Latest Articles