9.3 C
New York
Sunday, May 12, 2024

Mulai Oktober 2023 India Hentikan Ekspor Gula

Medan, MISTAR.ID

India berencana menghentikan ekspor gula industri atau gula rafinasi pada Oktober 2023. Tindakan ini dilakukan karena menurunnya produksi atau panen tebu akibat cuaca panas di negara tersebut.

Sumber pemerintah India yang enggan disebutkan namanya mengatakan, rencana penghentian ekspor gula rafinasi juga dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Apalagi saat ini harga gula industri di India meningkat tajam.

“Tujuan utama kami adalah memenuhi kebutuhan gula dalam negeri dan memproduksi etanol dari kelebihan tebu. Jadi tahun panen berikutnya tidak ada kuota ekspor gula,” ujarnya seperti dikutip CNBC, Jumat (25/8/23).

Baca juga: Stok Gula Pasir Aman di Medan

Ada kekhawatiran kenaikan harga gula industri akan mendongkrak laju inflasi di India. Inflasi ritel di India mencapai angka tertinggi dalam 15 bulan sebesar 7,44% pada bulan Juli dan inflasi makanan mencapai 11,5%, tertinggi dalam tiga tahun.

Rencana India untuk menghentikan ekspor gula diperkirakan juga akan menyebabkan kenaikan harga gula acuan internasional. Secara khusus, harga patokan gula rafinasi di New York dan London telah meningkat tajam dalam beberapa tahun terakhir.

Tahun ini, hingga September, jumlah gula yang diperbolehkan diekspor Pemerintah hanya 6,1 juta ton. Jumlah ini turun tajam dari 11,1 juta ton tahun lalu.

Related Articles

Latest Articles