23.3 C
New York
Monday, July 8, 2024

Menaker Ajak Seluruh Perusahaan di Indonesia Gelar Program Mudik Gratis

Jakarta, MISTAR.ID

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengajak seluruh perusahaan yang beroperasi di Indonesia menggelar program mudik Idul Fitri gratis untuk memudahkan masyarakat khususnya pekerja berkumpul bersama keluarga di kampung halaman.

“Saya sangat mengapresiasi perusahaan-perusahaan yang telah mendukung dan bersinergi dengan pemerintah dalam menjalankan program mudik lebaran bagi para pekerja dan keluarganya,” ujarnya, Senin (8/4/24).

Pada kesempatan ini, Ida mengapresiasi perusahaan-perusahaan milik pemerintah dan swasta yang berinisiatif menjalankan program mudik gratis, seperti Adira Finance yang memfasilitasi perjalanan mudik bagi 500 orang yang berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Serang.

Baca juga: Lepas Mudik Gratis Pemko Medan Hari Kedua, Bobby: Jangan Ngebut Pak Sopir

“Saya mengapresiasi Adira Finance yang telah memfasilitasi 500 masyarakat untuk mudik ke kampung halamannya di Jawa Barat dan Jawa Tengah,” ujarnya.

Pada mudik tahun ini, pihak swasta menyiapkan total 10 bus untuk mengangkut peserta mudik melalui jalur utara dan selatan Pulau Jawa.

Jalur utara akan sampai atau melewati Brebes, Tegal, Pekalongan, Semarang, dan Solo, sedangkan jalur selatan akan melintasi Tasikmalaya, Garut, Ciamis, Sumedang, dan Banjar.

Program mudik gratis ini diikuti oleh 350 pelanggan Adira, 100 karyawan perseroan, dan 50 pemudik lainnya.

Baca juga: Ratusan Peserta Mudik Gratis Pemprov Sumut Ramaikan Terminal Amplas

Menurut Direktur Perusahaan Pembiayaan Sigit Hendra Gunawan, jumlah pemudik yang mengikuti program mudik gratis tahun ini mencapai dua kali lipat dibandingkan jumlah pemudik pada edisi 2023.

Ia kemudian mengatakan, program ini juga dimaksudkan untuk memberikan kegembiraan bagi mereka yang bekerja di tempat istirahat selain untuk memfasilitasi pemudik.

Peserta program yang melakukan perjalanan melalui jalur utara ini terlibat dalam pendistribusian 100 paket sembako kepada karyawan yang bekerja di Rest Area KM 1664 Tol Cipali, ujarnya.

“Kami melibatkan para pemudik dalam kegiatan amal untuk berbagi kegembiraan dan kepedulian kepada orang lain di momen penuh berkah ini,” tandasnya. (antara/hm17)

Related Articles

Latest Articles