21.5 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

Kinerja Beda Arah, Rupiah Lanjut Melemah dan IHSG Menguat

Medan, MISTAR.ID

Kinerja bursa di Asia pada perdagangan pagi ini ditransaksikan sedikit menguat, dibandingkan penutupan perdagangan sebelumnya. Kabar baik dari data manufaktur China menjadi pendorong penguatan kinerja bursa saham.

Tercatat indeks manufaktur china (caixin) berada di level 50,4 atau lebih tinggi dibandingkan dengan ekspektasi pasar sebelumnya 50,3.

Penguatan kinerja bursa di Asia juga diikuti oleh penguatan pada Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang ditransaksikan menguat disesi perdagangan pagi.

“Hingga sekitar pukul 09.01 wib, IHSG ditransaksikan di kisaran level 7.185. Dengan membaiknya kinerja bursa di Asia, IHSG diproyeksikan akan mampu bertahan dari potensi koreksi. IHSG berpeluang bergerak dalam rentang 7.130 hingga 7.190 hari ini,” kata Analis Keuangan Sumut, Gunawan Benjamin, Selasa (30/4/2024).

Baca juga: Pekan ini, Waspadai Pasar Keuangan Bergerak Liar

Sisi lain, kinerja mata uang Rupiah masih melanjutkan pelemahan di sesi perdagangan pagi. Rupiah ditransaksikan melemah di kisaran level 16.260 per US Dolar. Rupiah masih membukukan pelemahan di tengah minimnya sentimen pasar keuangan di hari ini. Dari dalam negeri, pelaku pasar tengah menanti rilis data inflasi yang akan di rilis pada perdagangan hari Kamis.

“Sementara itu, harga emas diperdagangkan relatif stabil di kisaran $2.333 per ons troy pada perdagangan pagi. Harga emas juga nyaris tidak beranjak jauh jelang kebijakan moneter Bank Sentral AS. Situasi ini memaksa harga emas jalan ditempat hingga nantinya ada sentimen yang mendorong pergerakan lebih signifikan. Meskipun kebijakan The FED di pekan ini cenderung merugikan harga emas,” tutupnya. (anita/hm17)

Related Articles

Latest Articles