19.2 C
New York
Saturday, September 28, 2024

Karya Kreatif Sumatera Utara 2024 Libatkan 460 UMKM

Medan, MISTAR.ID

Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) 2024 akan kembali digelar pada tanggal 3-7 Juli mendatang di Kota Medan.

Agenda ini meliputi Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI).

Ini sebuah gerakan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui belanja produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan berwisata di dalam negeri yang digelar Bank Indonesia (BI).

Baca juga:Bobby Nasution Berharap BUMN Jadikan Pelaku UMKM Kota Medan Sebagai Partner

Disebutkan Deputi Kepala Perwakilan BI Sumatera Utara (Sumut), Yura Djalins ada 460 UMKM yang akan diikutsertakan atau dilibatkan dalam ajang yang diselaraskan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Medan. UMKM ini ada yang hadir secara offline dan online melalui e-catalogue website KKSU.

“GBBI dan GBWI di Sumut akan dikemas dalam acara KKSU bertema ‘Rap Pamajuhon Sumatera Utara’, dengan arti bersama-sama memajukan Sumut melalui pengembangan UMKM, peningkatan pariwisata dan penguatan investasi,” katanya pada wartawan di Kantor BI Perwakilan Sumut, pada Kamis (20/6/24).

Harvesting GBBI & GBWI ini dijadwalkan pada 3 Juli 2024 bertempat di Istana Maimun, dilanjutkan dengan rangkaian acara KKSU di Deli Park Mall hingga 7 Juli 2024.

Tak hanya itu, KSSU bersamaan dengan North Sumatra Invest (NSI) Day 2024 yang merupakan ajang pameran investasi di Sumut. Berbagai kegiatan NSI yang dirangkaikan berupa pameran proyek investasi dari 13 Kabupaten/Kota di Sumut, selebrasi Letter of Intent (LoI) investasi terkait pariwisata dalam rangka mendukung GBWI, serta one-on-one meeting dengan investor potensial.

Baca juga:KAI Divre I Sumut Sudah Salurkan Rp320 Juta ke UMKM Binaan

“Ditargetkan dalam Gerakan Nasional (Gernas) BBI-BBWI pertama ada peningkatan jumlah UMKM onboarding dengan target 30 juta pada 2024. Kedua peningkatan transaksi penjualan UMKM, dengan transaksi Rp 50 miliar per daerah. Ketiga aksi afirmasi belanja, dengan target 95% belanja pemerintah untuk Produk Dalam Negeri (PDN). Dan keempat bangga berwisata di Indonesia, dengan target 1,25-1,5 miliar perjalanan untuk wisatawan nusantara dan 14,3 juta perjalanan bagi wisatawan mancanegara sepanjang 2024,” jelas Yura.

Adapun secara umum agenda KKSU 2024 meliputi Harvesting Gernas BBI & BWI, pada 3 Juli 2024 di Istana Maimun, dengan kegiatan meliputi selebrasi program pengembangan UMKM, pariwisata dan investasi, pameran produk unggulan Sumut, serta dimeriahkan oleh penampilan dari Lyodra dan Lebah Begantong.

Selain itu, KKSU Forum meliputi talkshow tentang talkshow kopi budaya ngopi mengakselerasi industri dan pertumbuhan ekonomi. Lalu talkshow pariwisata pesona pariwisata Sumut yang memikat dunia.

“Ada juga perlombaan kopi, lomba latte art, lomba signature coffee, lomba manual brew V60, lomba coffee excellence. fashion show, pariwisat lomba video reels destinasi wisata Sumut mendukung GBWI,” sebut Yura.

Baca juga:Angsa Neduh Diharap Mampu Dongkrak UMKM Kota Medan Naik Kelas

BI juga turut mendorong investasi di daerah melalui NSI. Di mana NSI berkolaborasi dengan pemerintah provinsi dan kabupaten dalam menjaga perspektif positif melalui berbagai program, di antaranya penggalian proyek investasi strategis di daerah, melalui kompetisi penyusunan dokumen peluang investasi di daerah lewat NICe (NSI Investment Challenge), yang merupakan kompetisi penyusunan dokumen investasi awal yang siap ditindaklanjuti dengan program NSI Incubator.

Lalu, kegiatan site visit bersama Konsulat Jenderal (Konjen) dan Konsul Kehormatan Negara Sahabat yang berkantor di daerah, berupa tinjauan langsung ke lokasi proyek investasi strategis di daerah, untuk memberikan gambaran langsung status clean and clear dari suatu proyek investasi pada 25-26 Juni 2024.

Ketiga melalui NSI Day yang merupakan flagship event promosi investasi setiap tahun dilaksanakan sejak tahun 2022, di mana tahun ini disinergikan dengan KKSU.

Rangkaian KKSU dan NSI Day akan ditutup dengan BMPD Medan Run pada 7 Juli 2024 di Lapangan Benteng berkolaborasi bersama perbankan di Sumut. Lomba lari tersebut memiliki 2 kategori, yakni 5K dan 10K dengan biaya pendaftaran bervariasi. (anita/hm16)

Related Articles

Latest Articles