13.5 C
New York
Monday, April 15, 2024

Jepang dan Inggris Resesi, Bagaimana dengan Indonesia?

Jakarta, MISTAR.ID

Dua negara telah resmi dinyatakan alami resesi, yakni Jepang dan Inggris. Lantas bagaimana dengan Indonesia? Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, dunia akan berdampak terhadap resesi kedua negara. Tidak terkecuali Indonesia.

Sri Mulyani memastikan akan mencari cara mengantisipasi masalah perekonomian tersebut.

“Saya akan menghadiri G20, di Brazil minggu depan. Di sana akan ada informasi terbaru mengenai kondisi perekonomian global. Jadi, kita lihat bagaimana perkembangannya,” kata Sri, Selasa (20/2/24).

Menanggapi masalah resesi Inggris dan Jepang, Sri Mulyani membeberkan alasan kedua negara bisa masuk ke jurang resesi. Menurutnya, hal tersebut terjadi karena perekonomian Inggris dan Jepang masih lemah karena belum pulih dari pandemi covid-19.

Baca juga: Pertumbuhan Ekonomi Minus 0,3 Persen, Inggris Resesi

Ditambah lagi, perekonomian kedua Negara sedang tertekan kebijakan sejumlah bank sentral yang menaikkan suku bunga tinggi.

“Kedua negara yang mengalami resesi karena memang mereka sudah cukup lemah,” ujarnya lagi.

Faktor lain adalah perang Rusia-Ukraina. Dimana, kinerja perekonomian dari negara-negara maju, terutama G7 cukup tertekan tahun 2023.

“Perang di Ukraina mempengaruhi Eropa. Kemudian, kebijakan ekonomi suku bunga juga menjadi faktor lain,” jelasnya. (cnn/hm20)

Related Articles

Latest Articles