21.5 C
New York
Saturday, September 28, 2024

Jelang Idul Fitri, Harga Kebutuhan Pokok Berfluktuasi

Medan, MISTAR.ID

Dari pantauan harga melalui PIHPS (Pusat Informasi Harga Pangan Strategis), terjadi kenaikan harga beras dalam rentang Rp250 hingga Rp500 per Kg. Kenaikan harga beras tersebut dikatakan Pengamat Ekonomi Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin terjadi hampir di banyak pedagang pengecer, meskipun tidak semua pedagang pengecer menaikkan harga jual berasnya.

“Kenaikan harga beras terjadi pada semua jenis beras yang dijual. Mulai dari beras kualitas bawah hingga beras premium. Sementara itu, harga daging ayam yang sebelumnya dijual dalam kisaran Rp36.000 hingga Rp38.000 ribu per Kg. Pada hari ini di sejumlah pedagang pengecer harga daging ayam terus naik,” sebut Gunawan, Jumat (29/4/22).

Sedangkan untuk harga cabai merah juga diungkapkan Gunawan juga memgalami hal yang sama yakni terjadi kenaikan harga di sejumlah pedagang. Kalau sebelumnya banyak pedagang yang menjual harga dalam rentang Rp25.000. Pada hari ini harga cabai merah dijual di kisaran Rp30.000 per kg.

Baca juga: Jelang Lebaran, Harga Sayur Mayur Naik di Siantar

“Rentang batas bawah sebelumnya yang mengalami kenaikan. Tetapi rentang harga batas atasnya tidak mengalami perubahan. Sehingga fluktuasi pada kenaikan harga komoditas menjelang Lebaran 2022 masih berpeluang terjadi dalam waktu dekat. Jadi, di akhir pekan nanti harga bisa berfluktuasi lagi dengan kecenderungan mengalami kenaikan dan memang biasa terjadi saat menjelang Lebaran,” sebut Dosen UISU ini.

Adapun untuk harga-harga ini diprediksi akan kembali normal setelah semua aktifitas masyarakat kembali normal. Atau pada saat libur panjang telah usai. Melihat kinerja sejumlah harga kebutuhan pokok di bulan April ini sejauh ini Sumut berpeluang mencetak inflasi di atas 0,4%. Belum mempertimbangkan harga di sisa bulan April menjelang Idul Fitri tentunya, yang masih berpeluang untuk naik. (anita/hm09)

Related Articles

Latest Articles