18.2 C
New York
Tuesday, August 13, 2024

Jelang HUT RI Ke-79, Pengusaha Sediakan Ratusan Batang Pohon Pinang  

Medan,MISTAR.ID

Menjelang perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus 2024 mendatang, usaha pembuatan dan penjualan panjat pinang mulai tampak ramai di Kota Medan.

Salah satunya, Rizky Pramuja (25) yang telah melakukan persiapan sejak awal bulan Agustus untuk memenuhi permintaan pasar.

Penjualan batang pohon pinang yang akan dijadikan untuk perlombaan panjat pinang ini mulai mengalami peningkatan sejak 9 Agustus 2024, Rizky mengaku dirinya telah lama menggeluti bidang ini dan mengambil pasokan pohon pinang dari Pantai Sibiru-biru, Deli Serdang pada 7 Agustus 2024 lalu.

Baca juga: Sambut HUT RI, Tiket KAI Diskon 50 Persen Berlaku Mulai Tanggal Ini

“Mulai dari tanggal 9, sudah banyak yang booking atau langsung melakukan pembayaran dengan panjar, kalau untuk harga yang ditawarkan bervariasi tergantung pada ukuran pohon pinangnya,”katanya saat ditemui mistar di lokasi usaha miliknya di Jl. Denai 258, Tegal Sari Mandala II, Medan, Selasa (13/8/24).

“Untuk batang yang kecil dihargai Rp400.000/batang, sedangkan yang besar bisa mencapai Rp550.000/batang,” ujarnya lagi

Selain itu, Rizky juga mengatakan untuk via pengantaran dirinya mengajukan beberapa opsi mulai dari antar dan dijemput langsung oleh pembeli.

Baca juga: Seribu Mobil Dicarter Persiapan HUT RI ke-79 di IKN

“Kalau satu batang saja, cukup menggunakan becak. Tapi kalau dua, tiga batang atau bahkan lebih, kami menggunakan mobil pick-up. Dan ada juga pembeli yang memilih untuk jemput langsung,” katanya.

Tak hanya itu, pada penjualan tahun-tahun sebelumnya, Rizky juga mengaku bahwa stok pohon pinang miliknya selalu habis terjual.

“Tahun lalu, kami menjual 125 batang pinang dan semuanya habis. Tahun ini, kami hanya menyediakan 103 batang, tapi jika permintaan pasar tinggi, kami siap untuk menyediakan ulang,”ungkapnya. (dinda/hm25)

 

Related Articles

Latest Articles