33.6 C
New York
Monday, June 24, 2024

Heboh Pemalsuan Emas Antam, Ternyata Masih Dilirik Konsumen Siantar

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Sejumlah konsumen logam mulia di Kota Pematangsiantar masih melirik emas antam sebagai pilihan investasi. Konsumen loyal cukup yakin dengan keaslian emas yang dibelinya.

Adapun konsumen yang ditemui mistar.id memang mengaku, sempat khawatir dengan hebohnya kasus pemalsuan emas antam sebanyak 109 ton yang kini ditangani Kejaksaan Agung (Kejagung).

Salah satu konsumen emas di Kota Pematangsiantar, Yuni (27) menuturkan, baru ketiga kalinya membeli emas antam. Dia mengaku, sempat khawatir dengan pemberitaan emas palsu itu.

Baca juga:Cara Cek Keaslian Emas Antam

“Iya mau gimana, baru tahu beritanya juga. Kalau ditanya khawatir atau enggak, iya jadi khawatir karena baru mau mulai menabung emas antam,” ujarnya kepada mistar.id, Selasa (4/6/24).

Meski begitu, dia memilih untuk tetap membeli emas antam, karena mengikuti jejak beberapa temannya yang sudah mulai berinvestasi.

“Kalau dari cerita itu kan menabung emas dapat keuntungan, jadi tertarik saja untuk ikutan,” bebernya.

Terpisah, Kepala Pegadaian Cabang Pematangsiantar, Suryadi Mandala mengatakan, penjualan emas antam melalui Pegadaian, atau Pegadaian Galeri 24 selaku penyedia emas antam.

Baca juga:Harga Emas Antam di Pegadaian Tembus Rp1.370.000 Per Gram

“Pegadaian berkomitmen dalam menerapkan sistem manajemen mutu atas seluruh produk yang diperjualbelikan di seluruh jaringan outlet, termasuk di Pegadaian. Juga berkomitmen untuk memberikan aftersales, yakni menerima penjualan kembali (buyback) kapan dan berapa pun sebagai jaminan atas pembelian di Pegadaian Galeri 24 dan channelnya, termasuk Pegadaian, dengan ketentuan membawa bukti pembelian ataupun proses pembiayaan,” ujarnya.

Suryadi menjelaskan, beberapa cara untuk membedakan emas asli dan palsu, baik yang diperdagangkan melalui toko perhiasan maupun secara daring. Yaitu dengan mengecek tampilan fisik emas murni memiliki cap yang menampilkan kadar kemurnian atau fineness. Serta, bobot gram dari emas tersebut. Termasuk, logo perusahaan dan jumlah kadar sebesar 999.9 persen di permukaan emas.

“Galeri24 sebagai anak perusahaan PT Pegadaian yang menyediakan penjualan Logam Mulia (LM) berupaya memastikan emas yang dijual benar-benar asli dengan melakukan quality control sebelum dilepas ke pasaran. Itu termasuk LM merk antam,” ucapnya.

Lanjutnya, cek kemasan emas produk emas antam LM yang asli dijual dalam kondisi yang baik dan tidak ada cacat. Kemasan dirancang agar menjaga emas tidak terkena kotoran dengan bentuk Certicard.

Baca juga:Awal Pekan Harga Emas Antam Stagnan, Sementara UBS Turun

Sedangkan,untuk produk antam LM klasik atau retro, masyarakat dapat mengecek keasliannya dengan cara menyinari sertifikatnya menggunakan sinar UV. Bila emas asli, maka akan muncul hologram khusus.

“Dalam hal ini, Galeri24 memastikan keaslian produk dengan menetapkan aturan hanya membeli kembali emas yang sebelumnya dibeli oleh pelanggan dari storenya. Dengan begitu, memudahkan mitigasi karena data sudah ada dalam sistem,” pungkasnya. (abdi/hm16)

Related Articles

Latest Articles