25.3 C
New York
Friday, August 2, 2024

Harga Emas Semakin Berkilau

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Di tengah ketidakpastian ekonomi global, harga emas Antam terus merangkak naik, mencetak rekor tertinggi sepanjang masa.

Pada perdagangan Senin (29/7/24) harga emas Antam dan UBS di pegadaian kompak alami kenaikan dalam perdagangan hari ini, harga emas paling murah dibanderol Rp746.000 per gram.

Kepala Pegadaian Pematangsiantar, Suryadi Mandala mengatakan, harga emas cetakan UBS 0,5 gram dihargai Rp746.000, statis dari harga kemarin. Sementara itu, harga emas Antam berukuran sama dibanderol Rp770.000 naik Rp8.000 dari harga kemarin.

“Cetakan Antam berbobot 1 gram dibanderol seharga Rp1.438.000 naik Rp17.000 dari harga sebelumnya. Untuk emas cetakan UBS berbobot yang sama dibanderol senilai Rp1.379.000 masih statis dari harga kemarin,” ujarnya.

Baca juga: Akhir Pekan, Harga Emas Antam di Pegadaian Naik Rp10.000 per Gram

Kenaikan harga emas ini tidak terjadi begitu saja, Suryadi mengatakan ada beberapa faktor yang mempengaruhi fluktuasi harga emas di pasar global dan domestik.

“Penyebab kenaikan emas salah satunya dipicu oleh situasi politik amerika dan juga situasi global yang belum menunjukkan arah perbaikan dimana perang masih berkepanjangan di jalur Gaza, Ukraina maupun di beberapa negara lainnya,” jelasnya.

Lanjutnya, Kondisi politik dan ekonomi dunia memainkan peran besar dalam menentukan harga emas. Krisis, resesi, dan perang adalah beberapa faktor utama yang membuat harga emas melonjak. Ketika situasi global tidak menentu, investor cenderung beralih ke emas sebagai aset aman (safe haven).

Baca juga: Ketidakpastian Politik di Amerika Pengaruhi Harga Emas

“Terkait harga emas, ini merupakan harga pasar, jadi permintaan dan penawaran pasar dan investor secara global yg membuat harga naik maupun turun,” ucapnya.

Related Articles

Latest Articles