7.6 C
New York
Thursday, April 25, 2024

Harga Emas Hari ini Tertinggi Sepanjang Sejarah, Melampaui Level Psikologis

Jakarta, MISTAR.ID

Harga emas dunia hari ini, Senin (8/4/24) kembali melesat ke rekor tertinggi sepanjang sejarah dan ini melampaui level psikologis baru US$2.350 per troy ons.

“Harga emas dunia sudah menyentuh level tertingginya di US$2,350 per troy ons,” ujar Direktur PT Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi.

Kenaikan harga emas dunia ini disebabkan perilaku investor yang mengalihkan fokus pada angka inflasi utama AS yang akan dirilis pekan ini. Para pelaku pasar juga melihat risiko geopolitik ikut menambah daya tarik aset safe haven.

Baca juga; Harga Emas di Pegadaian Kompak Menguat

Federal Reserves memperkirakan akan melakukan pemotongan suku bunga di AS pada tahun ini, namun tindakan itu akan melihat bukti apakah inflasi telah mereda. Suku bunga yang lebih tinggi, biasanya akan berdampak negatif bagi emas, yang tidak menawarkan bunga.

Berdasarkan acuan pasar Commodity Exchange Comex, hari ini harga emas mencapai US$2.350 per troy ons atau menguat 0,37 persen dari perdagangan sebelumnya.

Harga emas di perdagangan spot saat ini juga menguat 0,23 persen ke US$2.335 per troy ons pada perdagangan hari ini.

Sementara, harga jual emas di PT Aneka Tambang (Persero) Tbk atau Antam berada di posisi Rp1.289.000 per gram.

Harga emas turun Rp10 ribu dari perdagangan sebelumnya.

Senada, harga pembelian kembali (buyback) juga turun Rp10 ribu dari Rp1.190.000 menjadi Rp1.180.000 per gram. (mtr/hm17)

Related Articles

Latest Articles