17.6 C
New York
Tuesday, September 24, 2024

Harga Andaliman Mahal, Pengamat: Persediaan Andaliman Belum Memadai

Medan, MISTAR.ID

Harga andaliman saat ini berada di kisaran harga Rp300.000/kg.

Menurut Ekonom Sumut, Gunawan Benjamin bahwa harga ini seakan menunjukan sisi persediaan atau supply andaliman ini belum mampu sepenuhnya memenuhi permintaan sehingga membuat harganya sangat mahal.

“Ini sebenarnya peluang besar yang bisa dioptimalkan oleh petani di Sumut. Saya menilai perlu dilakukan kajian terkait untung rugi menanam andaliman,” katanya, Kamis (19/9/24).

Lanjutnya ia mengatakan bahwa perlu menghitung HPP untuk tanaman andaliman, menghitung potensi konsumsi andaliman dan harga keekonomian.

“Untuk selanjutnya bisa disimpulkan berapa besar luas lahan tanaman andaliman yang dibutuhkan. Bukan tidak mungkin tanaman andaliman itu nantinya menjadi salah satu komoditas unggulan petani di sumut,” ungkapnya.

Baca juga: Harga Andaliman di Medan Tembus Rp300 Ribu/Kg

Sementara itu, menurutnya andaliman juga merambah pasar ekspor yang menjadi potensi ekonomi yang signifikan dengan membudidayakan tanaman andaliman.

“Tren konsumsi andaliman juga perlu dikaji untuk melihat proyeksi kebutuhan andaliman kedepannya. Ada banyak produk makanan yang memanfaatkan buah andaliman belakangan ini.

Dan saya menduga jumlahnya terus naik secara eksponensial. Potensi besar tanaman andaliman diyakini sudah ditangkap peluangnya oleh petani kita,” tukasnya.

Dikatakannya sudah banyak petani yang menanam andaliman namun harganya masih menanjak.

“Ini berarti andaliman masih memiliki potensi ekonomi besar, dan belum berada pada titik jenuhnya,” tutupnya. (dinda/hm25)

 

Related Articles

Latest Articles