17.2 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Hadapi Harga Komoditas Mahal, Pengamat: Masyarakat Harus Berhemat

Medan, MISTAR.ID

Menghadapi harga komoditas kebutuhan pokok yang tak kunjung turun di Medan, masyarakat diimbau untuk berhemat dan membeli sesuai kebutuhan sebagai alternatif tercukupinya kebutuhan rumah tangga.

Pengamat Ekonomi UINSU, Sunarji mengatakan, dalam kondisi saat ini masyarakat hanya perlu membeli kebutuhan secara terukur.

“Masyarakat harus berhemat dengan tidak membeli barang secara berlebihan. Hanya perlu menyedikan kebutuhan bahan pokok yang sesuai dengan kebutuhan dan disediakan secara terukur,” ujarnya, Selasa (4/6/24) sore.

Selain itu, Sunarji juga mengatakan apabila pembelian kebutuhan pokok stabil maka semuanya dapat terkomsusi dengan baik. “Kalau melebihi kebutuhan, nantinya tidak terkonsumsi dengan baik,” katanya.

Baca Juga : Harga Kebutuhan Pangan Kian Mahal

Di sisi lain, dalam menghadapi kondisi ini Sunarji juga menganjurkan untuk membuka peluang bisnis yang dapat menambah potensial ekonomi. “Peluang bisnis saat ini yang cocok adalah bisnis kuliner seperti steak, bisnis advertising, IT Service, Pariwisata, properti, perkebunan,” ucapnya.

Dikatakannya, peluang bisnis kuliner steak masih sedikit, sehingga menghasilakan peluang yang besar. “Karena banyak yang suka dengan makanan kuliner yang satu ini,” katanya.

Sedangkan peluang bisnis advertising, Sunarji mengatakan bisnis yang berkaitan dengan promosi periklanan menjadi trend saat ini.

“Karena saat ini banyak usaha atau lembaga atau instansi yang ingin mempromosikan produk, apalagi mendekati Pilkada serentak bulan November, dari sekarang sudah mulai bertaburan spanduk spanduk atau baliho para bakal calon kontestasi pilkada,” jelasnya.

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles