5.8 C
New York
Tuesday, March 5, 2024

Disperindag Sumut Pastikan Harga Minyak Goreng Dijual Rp14.000 Per Liter

Medan, MISTAR.ID

Setelah mendapatkan surat dari Kementrian Perdagangan (Kemendag) mengenai penyesuaian harga minyak goreng Rp14.000 per liter, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumatera Utara (Disperindag Sumut) memastikan harga tersebut disesuaikan juga pada retail yang ada di Kota Medan dan di kabupaten/kota lainnya yang ada di Sumut.

Hal ini dikatakan Kabid Perdagangan Dalam Negeri PDN, Disperindag Sumut Barita Sihite bahwa peraturan penjualan minyak goreng tersebut berlaku untuk semua jenis minyak goreng.

“Untuk itu kita telah melakukan peninjauan di sejumlah retail modern sepeti Indomaret dan Alfamidi di Kota Medan. Kita cekĀ  pihak retail ini untuk mengubah harga minyak goreng ke harga Rp14.000 per liternya,” katanya usai melakukan peninjauan ke Indomaret Jalan Sisingamangaraja XII, Rabu (19/1/22).

Baca juga:Hore..! Harga Minyak Goreng Kini Rp14 Ribu Per Liter

Tak hanya itu, Barita juga turut mengikuti Zoom Meeting bersama Kementerian Perdagangan untuk memberikan laporan terkait realisasi penetapan harga migor menjadi Rp14.000 per liter

“Untuk menyikapi ini, tadi pagi kami juga sudah langsung ke lapangan untuk meninjau beberapa gerai seperti Indomaret dan Alfamadi dan beberapa gerai kami lihat khususnya di Kota Medan bahwa harga sudah diubah ke Rp14.000 per liter,” ungkapnya

Barita juga menuturkan jika Disperindag Sumut telah berkoordinasi dengan kabupaten/kota untuk melakukan cek ke gerai modern.

“Kita sudah koordinasi dengan kabupaten/kota dan di sana sudah diganti dengan label Rp14.000 per liter untuk semua jenis minyak goreng,” tuturnya.

Sementara itu, walaupun harga migor kemasan sudah turun, Barita memastikan jika pasar murah minyak goreng di beberapa daerah masih berjalan selama bulan Januari 2022 dengan bekerjasama dengan pihak produsen minyak goreng.

“Kami rencananya masih melakukan pasar murah dengan harga yang sudah ditetapkan seharga Rp14.000 per liter. Dan untuk di pasar tradisional kita kasih waktu seminggu untuk menyesuaikan harga ini,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Manager Store Indomaret Sumatera, Edy Jakob membenarkan jika ada penyesuaian harga untuk mengikuti kebijakan pemerintah. Sehingga per hari ini, Rabu (19/1/2022), seluruh retail Indomaret sudah menggunakan harga terbaru untuk semua jenis merk minyak goreng.

“Indomaret tetap mengikuti peraturan dari pemerintah. Jadi untuk harga sudah kita sesuaikan dengan Rp14.000 per liter sedangkan untuk isi 2 liter Rp28.000. Kita harapapkan dengan turunnya harga minyak goreng ini bisa meningkatkan daya beli masyarakat,” ungkap Edy.

Baca juga:TBS Masih Mahal, Harga Minyak Goreng Terus Merangkak Naik

Dijelaskan Edy, untuk Indomaret juga membatasi pembelian migor kemasan dengan maksimal dua kemasan per orang.

“Kita sampai saat ini belum tahu kapan ini berlangsung. Tapi kalau kita dengar dari pemerintah beri waktu selama enam bulan. Tapi pastinya kita tetap ikuti aturan,” pungkasnya seraya berkata utuk stok minyak goreng di retail tergantung pasokan dari produsen minyak kemasan. (anita/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles