17.1 C
New York
Friday, September 13, 2024

Dampak Peretasan, CEO Indodax Oscar Akui Rugi Rp 335 Miliar

Jakarta, MISTAR.ID

CEO Indodax Oscar Darmawan buka suara mengenai peretasan yang menimpa platformnya hingga diduga mengakibatkan kerugian Rp335 miliar.

Menurutnya, masalah ini membuat perusahaan pengelola aset kripto miliknya rugi, namun ia tidak menjelaskannya dengan detail.

“Sistem transaksi kami betul diduga mengalami peretasan. Untuk itu, kami melakukan investigasi dan pemeliharaan menyeluruh terhadap sistem yang ada,” kata Oscar dalam keterangan bersama Bappebti, Rabu (11/9/24).

Baca juga:Indodax Diretas, Saldo Pengguna Dipastikan Aman

Osca menekankan melalui kendalan ini, sementara waktu platform miliknya tidak bisa diakses. Kendati demikian, ia memastikan semua dana nasabah tetap aman.

“Selama proses ini, platform web dan aplikasi Indodax tidak dapat diakses. Namun, tidak perlu khawatir, karena kami pastikan bahwa saldo pelanggan akan aman, baik secara kripto maupun rupiah,” jelas Oscar.

Sebelumnya, Kepala Bappebti Kasan mengaku dirinya telah berkoordinasi dan memanggil pihak Indodax. Hal ini dilakukan setelah mendapatkan laporan bahwa salah satu Calon Pedagang Fisik Aset Kripto (CPFAK) tersebut diduga mengalami peretasan.

Baca juga:Tahun 2022 Aset Kripto dalam Fase Winter

“Bappebti berkoordinasi dengan Indodax. Kami juga telah memanggil pihak Indodax untuk meminta klarifikasi terkait kasus tersebut. Saat ini, Indodax sedang dalam proses investigasi terhadap sistem yang diduga mengalami peretasan tersebut,” kata Kasan.

Kasan pun mengimbau pelanggan Indodax agar tetap tenang. Sebab, Indodax kini tengah melakukan penutupan sistem secara menyeluruh untuk memastikan semua sistem beroperasi dengan baik.

“Untuk itu, Bappebti mengimbau masyarakat, khususnya pelanggan Indodax, agar tetap tenang dan tidak panik,” pungkasnya.(cnn/hm17)

Related Articles

Latest Articles