25.7 C
New York
Tuesday, August 6, 2024

Daging Ayam Naik 17 Persen, Pengamat Ekonomi: Curah Hujan Tinggi Picu Kenaikan Harga Pangan

Medan, MISTAR.ID

Tingginya curah hujan telah menyebabkan fluktuasi harga pangan di Sumatera Utara (Sumut). Salah satu komoditas yang mengalami kenaikan signifikan adalah daging ayam dengan kenaikan harga mencapai persen.

Pengamat Ekonomi Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), Gunawan Benjamin mengatakan harga cabai merah di Sumut sangat fluktuatif dalam 10 hari terakhir.

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Sumut, harga cabai merah saat ini berada di sekitar Rp37.750 per kilogram, meningkat dari Rp31.950 per kilogram pada akhir Juli.

Baca juga : Harga Cabai dan Bawang Merah Turun, Siantar Alami Deflasi Periode Juli 2024

Sebaliknya, harga cabai rawit di Sumut cenderung menurun pada bulan Agustus ini. Rata-rata harga cabai rawit sekarang adalah Rp45.550 per kilogram, turun dari Rp47.150 per kilogram di akhir Juli, berdasarkan data PIHPS.

Fluktuasi harga cabai ini disebabkan oleh tingginya curah hujan yang mengganggu panen dan distribusi.

“Curah hujan yang tinggi di daerah produsen dan konsumen menyebabkan gangguan panen dan distribusi, serta meningkatkan risiko kerusakan produk yang akhirnya berdampak pada kenaikan harga,” jelas Gunawan melalui pesan tertulis, Selasa (6/8/24).

Related Articles

Latest Articles