17.8 C
New York
Tuesday, June 11, 2024

Cari Tambahan, Karyawan Swasta Ini Buka Usaha Pulsa Kecil-kecilan

Medan, MISTAR.ID

Sejak dulu, Wira (29) ingin sekali membuka usaha sendiri. Meski sudah memiliki pekerjaan tetap di sebuah perusahaan swasta di Kota Medan, dia masih ingin memiliki penghasilan tambahan.

Awal tahun 2022 silam, akhirnya Wira memutuskan membuka kios pulsa kecil-kecilan. Dia menyewa lapak kecil di kawasan Jalan DR TD Pardede, Medan. Steling dengan ukuran kecil yang dibelinya melalui toko online kemudian diisi kartu dan voucher kartu prabayar seluler dengan jumlah terbatas.

Wira mengungkapkan, untuk usaha tersebut dia menyediakan modal awal sekitar tujuh juta rupiah. Kini penjualannya sudah berkembang. Jenis kartu bahkan transaksi di kiosnya pun makin beragam.

“Jualan kartu internet, kartu perdana, voucher, bisa top up e-money, bisa top up game, bisa bayar PLN, listrik, PDAM semuanya lah,” jelasnya kepada Mistar, Selasa (4/6/24).

Baca Juga : Raih Peluang Bisnis dengan Modal Kecil, Pengusaha Muda ini Pilih Usaha Franchise

Perkembangan teknologi saat ini tidak menjadi penghambat dalam usahanya. Bahkan, banyak orang tua melakukan transaksi pengiriman uang ataupun penarikan uang hingga mengisi pulsa di kiosnya.

“Pembelinya ada orang tua, ada anak-anak juga. Anak-anak sekarang kan juga udah main game. Top up Free Fire yang beli bintang gitu, top up untuk Mobile Legends. Terus kalau untuk yang kartu kartu ya biasalah untuk mahasiswa. Semuanya sekarang sudah butuh kartu paket kan,” ucapnya.

Sejak dibuka, Wira mempekerjakan satu karyawan di kiosnya. Yang awalnya mempekerjakan orang lain, kini Wira mempercayakan adiknya untuk menjaga kios tersebut.

“Kalau pagi ke sore ya adikku yang jaga. Nanti pulang kantor, aku ke sana untuk mencatat pembukuan dan juga mentransfer penghasilan ke rekening supaya bisa diputar lagi uangnya,” jelasnya.

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles