19.9 C
New York
Monday, June 17, 2024

Buka Usaha dengan Modal Minim di Era Digitalisasi

Medan, MISTAR.ID

Memulai usaha tidak harus dengan modal besar. Seperti yang dilakukan Mahasiswi asal Hamparan Perak bernama Manda. Ia melihat peluang usaha dengan modal minim di era digitalisasi ini.

Manda membuka usaha top up e-money dan pulsa di Jalan Marelan Pasar 1 Rel, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan. Ia memulai usaha dengan modal Rp1 juta dan sudah berhasil menjalankan usahanya selama 3 bulan terakhir.

Meski modal yang dimilikinya masih terbilang kecil, Manda sudah bisa memenuhi sebagian besar kebutuhannya sehari-hari sebagai mahasiswi di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU).

“Selain saya dapat mengisi kegiatan sehari-hari, saya juga dapat sedikit meringankan beban orang tua dan membantu ekonomi keluarga,” tutur Manda yang baru kuliah di tahun pertama.

Baca juga: Seniman Banting Setir Jadi Pengusaha Laundry

Kurangnya pengalaman membuat Manda kerap menghadapi beberapa kendala. Saat ini, ia baru menjual beberapa produk saja.

“Produk yang saya jual berupa pulsa dan voucher, serta jasa top up e-money. Pendapatan kotor sehari sekitar Rp50.000,” ungkapnya pada mistar.id, melalui seluler, Selasa (4/6/24) malam.

Manda menjalankan usahanya dengan sistem online dan offline untuk memperluas jangkauan pembeli. Dia juga belum bekerjasama dengan pihak manapun. Untuk produk yang dijualnya masih diperoleh dari grosir voucher data internet.

“Walaupun dengan modal minim, saya yakin jika konsisten usaha ini akan berkembang. Saya akan menambahkan produk-produk pendukung seperti accessories handphone, dan akan membuka layanan top-up lainnya,” lanjutnya. (azmie/hm20)

Related Articles

Latest Articles