27.3 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Buka Cabang di Medan, Y-Mart Korea Selatan Diharapkan Bisa Jual Produk UMKM

Medan, MISTAR.ID

Pemko Medan menyambut rencana Pemerintah Gwangju Korea Selatan berinvestasi di Kota Medan dengan membuka cabang Y-Mart. Nantinya, Y-Mart diharapkan dapat menjual produk UMKM untuk menunjang dan menggerakkan perekonomian sekaligus meningkatkan jumlah konsumsi produk UMKM.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Medan Bobby Nasution saat menerima kunjungan Pemerintah Gwangju di Balai Kota, Senin (6/7/22) sore. Pemerintah Gwangju dipimpin Direktur Divisi Kerjasama Internasional Kota Gwangju Korea Selatan Jeong Chang Kyoon membahas program kerjasama di bidang ekonomi Sister City sekaligus keinginan Y-Mart membuka cabang di Kota Medan.

“Terima kasih kepada Pemerintah Gwangju dan Y-Mart yang berniat berinvestasi di Kota Medan. Saya berharap kiranya kita dapat bertukar informasi mengenai perdagangan baik yang ada di Korea maupun di Kota Medan,” ujar Bobby.

Baca juga: Pemprov Sumut Sambut Baik Investasi Pertanian dan Energi Terbarukan

Dalam kesempatan tersebut, Bobby juga menjelaskan pengembangan retail di Kota Medan harus dilakukan lebih masif lagi.

“Perlu diingat, bahwa Kota Medan masih memiliki pasar tradisional yang masih digemari masyarakat dalam melakukan transaksi jual beli. Ini harus tetap dilestarikan. Meskipun begitu, pengembangan pasar retail juga perlu dilakukan,” ungkapnya sembari menyampaikan nantinya Pemko Medan akan menyampaikan syarat dan ketentuan apabila Y-Mart ingin berinvestasi di Kota Medan.

Dikatakan Bobby, dirinya berharap investasi yang dilakukan Pemerintah Gwangju dan Y-Mart nantinya difokuskan di pusat kota agar tidak mengganggu keberlangsungan 53 pasar tradisonal yang ada di Kota Medan.

“Pemko Medan akan membantu dalam hal perizinan berinvestasi di bidang retail dengan tetap memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Saya berharap ketika Y-Mart berinvestasi di Kota Medan, produk-produk dari UMKM lokal nantinya bisa masuk ke Y-Mart,” tutupnya.

Baca juga: Hyundai Investasi Pengembangan Mobil Listrik di RI

Sementara itu, Jeong Chang Kyoon selaku Direktur Divisi Kerjasama Internasional Kota Gwangju Korea menyampaikan, kerjasama yang selama ini terjalin dengan baik antara Pemerintah Gwangju dengan Pemko Medan akan semakin erat dan terus berkembang tidak hanya di bidang kebudayaan tetapi juga ekonomi.

“Kedatangan kami ke Kota Medan selain untuk bersilaturahmi juga dalam rangka meningkatkan kerjasama yang selama ini sudah terjalin dengan baik. Kali ini kami ingin berinvestasi di Kota Medan, kami berharap kerjasama yang terjalin nantinya antara Y-Mart dengan Kota Medan dapat berjalan dengan baik. Selain itu kami juga ingin mengimpor produk-produk lokal asal Kota Medan ke Gwangju,” jelas Jeong. (rahmad/hm09)

Related Articles

Latest Articles