12.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

BTPN Syariah Konsisten Salurkan Pembiayaan untuk Masyarakat Inklusi

Medan, MISTAR.ID

Bank BTPN Syariah terus berikhtiar dan selalu konsisten untuk melayani masyarakat inklusi dengan membuka akses keuangan yang tepat. Dengan menghimpun dana dari segmen masyarakat sejahtera lalu menyalurkan sepenuhnya untuk pembiayaan masyarakat inklusi, yakni para perempuan yang menjadi pelaku ekonomi yang tangguh serta dapat membawa perubahan dalam keluarga dan lingkungan mereka. Umumnya, mereka belum tersentuh layanan keuangan profesional.

Sebagai satu-satunya bank umum syariah yang fokus melayani masyarakat inklusi, Bank membuka akses keuangan kepada mereka dengan melayani langsung ke sentra-sentra di pelosok Indonesia, dengan menempatkan para petugas lapangan (atau yang biasa disebut Community Officer).

Direktur BTPN Syariah, Fachmy Achmad, mengatakan hingga saat ini sudah menjangkau 2.600 kecamatan di 23 provinsi Indonesia. Untuk memudahkan para community officer dalam melayani, Bank menyediakan tempat tinggal serta moda transportasi mendekati sentra nasabah agar mobilitas mereka lebih mudah.

Baca Juga:Wujudkan Ekosistem Digital, BTPN Syariah Penuhi Kebutuhan Masyarakat

Semua pemenuhan kebutuhan ini agar para community officer bisa memberikan layanan terbaik ke para nasabah. Selain itu, peran mereka tidak serta merta hanya menjadi perantara dalam membuka akses keuangan tetapi juga memberikan akses pengetahuan melalui program pendampingan yang diberikan untuk bisa membangun empat perilaku unggul nasabah yakni Berani, Dispilin, Kerja Keras dan Saling Bantu (BDKS).

Pendampingan dan melayani langsung ke sentra nasabah inilah yang menjadi kunci dari pelayanan BTPN Syariah selama ini untuk terus tetap tumbuh bersama masyarakat inklusi dan membedakan dengan bank-bank lainnya.

Selain akses keuangan dan akses pengetahuan, kini bank juga semakin luas memberikan akses lain. Di antaranya, akses suplai barang dan akses pasar. Bank, melalui BTPN Syariah Ventura yang merupakan anak perusahaan dan perpanjangan tangan Bank, bersinergi dengan mitra-mitra strategis yang memiliki semangat yang sama dalam membesarkan masyarakat inklusi.

Baca Juga:BTPN Syariah Bertransformasi, Pembiayaan Masyarakat Inklusi Semakin Naik Kelas

“Kami percaya semua masyarakat Indonesia dari berbagai segmen manapun berhak mendapatkan akses keuangan yang tepat serta akses yang lebih luas lagi untuk kehidupan yang lebih baik. Bank pun senantiasa untuk terus semakin relevan dengan kebutuhan nasabah dan dinamika bisnis. Ikhtiar yang dilakukan Bank dari awal berdirinya hingga saat ini semata-mata untuk dapat mewujudkan niat baik dan memastikan kehidupan jutaan masyarakat inklusi di Indonesia tumbuh menjadi lebih berarti,” kata Fachmy Achmad, Selasa (2/5/23).

Adapun, hingga kuartal pertama 2023, Bank konsisten mencatatkan pertumbuhan kinerja yang tumbuh berkelanjutan dengan membukukan Total Asset yaitu Rp22,1 triliun dan pembiayaan mencapai Rp11,8 triliun tumbuh 11.1% (YoY) dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yaitu Rp10,6 triliun.

Pertumbuhan pembiayaan ini disertai dengan kualitas pembiayaan yang tetap sehat tercermin dari Non Performing Financing (NPF) dibawah ketentuan regulator. Bank juga tercatat masih memiliki rasio kecukupan modal atau Capital Adequacy Ratio (CAR) yang kuat di level 51.7%, jauh di atas ketentuan dan rata-rata industri bank syariah. “Adapun, dana pihak ketiga (DPK) dijaga di level yang efisien pada Rp12,8 triliun. Kinerja keuangan yang tumbuh positif ini memberikan laba bersih setelah pajak (NPAT) mencapai Rp425 miliar,” tukasnya.(anita/hm15)

Related Articles

Latest Articles