17.6 C
New York
Tuesday, September 24, 2024

Awalnya Dikonsumsi Keluarga, Kini Minuman ‘Ko Bicha’ Jadi Penghasilan Tambahan

Medan, MISTAR.ID

Kombucha adalah salah satu minuman fermentasi yang kaya akan antioksidan dan probiotik.

Teh ini populer di banyak negara, karena manfaatnya yang berlimpah dan dikenal baik untuk kesehatan tubuh.

Ini membuat Naomi Tobing pun memutuskan untuk memulai usahanya membuat kombucha dengan berbagai varian rasa.

Baca juga:Spesialis Gizi: Minuman Berelektrolit dan Makanan Tinggi Vitamin C Baik Bagi Pasien DBD

Berawal saat orang tuanya harus mengkonsumsi antibiotik selama berbulan-bulan, ia mengaku khawatir dan mulai mencari alternatif probiotik lain melalui bahan alami.

“Bayangkan orang tua yang berusia 70-an, harus minum antibiotik berbulan-bulan. Akhirnya aku searching, dan ketemu mengenai kombucha. Aku coba pesan dan orang tua mau meminumnya. Jadilah aku coba-coba buat untuk konsumsi sendiri,” katanya kepada mistar.id, Sabtu (21/9/24).

Mengkonsumsi kombucha dengan rutin, pengusaha muda ini mengaku mendapatkan testimoni dari orang tua dan keluarganya, mengenai pencernaan mereka yang semakin membaik.

“Aku juga ada gerd, dan semua semakin membaik setelah minum kombucha. Akhirnya ke teman-teman juga aku kasih untuk dicoba. Hingga sekarang sudah mulai lah ada yang pesan sampai luar kota juga,” tuturnya.

Baca juga:Minuman Tradisional TST di Medan

Selama setahun mempelajari tentang memproduksi kombucha, ia juga mengungkapkan banyak mengalami kegagalan. Bahkan, dalam membuat satu varian rasa, Naomi harus berpuluh kali melakukan percobaan untuk mendapatkan tingkat rasa yang pas.

“Sudah coba berbagai jenis teh juga. Mulai dari teh lokal, sampai yang impor. Dan memang hasilnya pasti beda-beda. Dan kita juga sangat memperhatikan kadar gulanya ya. Supaya kombucha kita ini aman dikonsumsi oleh orang yang memiliki diabetes,” lanjutnya.

Dengan harga Rp25.000 per botol, kata Naomi, minuman yang diberi merek ‘Ko Bicha’ ini mampu diproduksi sebanyak 100 botol per bulannya dengan lama proses fermentasi sekitar 14 hari.

“Kita belum berani produksi banyak. Paling sebelum produksi juga kita tanya teman-teman dulu apakah ada yang mau pesan, gitu. Tapi sekarang juga kita sudah mulai masuk ke ecommerce dan sudah ada yang pesan juga,” sebutnya.

Baca juga:Teh Susu Telur: Minuman Penambah Stamina yang Digemari di Medan

Kini, ia telah mengeluarkan 4 varian rasa kombucha, yakni rasa berries, secang, telang, dan daun sirsak.

Ia juga berharap, agar semakin banyak orang yang mengetahui tentang kombucha dan mengkonsumsinya.

“Jadi itulah kerinduan, harapan, supaya orang makin banyak kenal, makin banyak yang ngerasain manfaat dari kombucha ini,” tutup Naomi. (susan/hm16)

Related Articles

Latest Articles