4.1 C
New York
Wednesday, February 8, 2023

Ini 7 Manfaat Teh Mawar Bagi Kesehatan

Jakarta, MISTAR.ID

Mawar terkenal karena keindahannya, sehingga kerap diberikan pada orang yang terkasih sebagai simbol kasih sayang. Namun, mawar ternyata juga dapat diolah menjadi teh. Bahkan, ada banyak sekali manfaat teh mawar yang bisa didapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin.

Teh mawar merupakan sumber vitamin dan antioksidan yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan, antara lain:

  1. Meningkatkan sistem imun

Teh mawar mengandung vitamin C yang tinggi, sehingga sangat baik dalam mendukung kemampuan tubuh melawan infeksi akibat bakteri, kuman, hingga virus. Bukan hanya itu, nutrisi tersebut juga sangat baik dalam mempercepat proses penyembuhan pada tubuh. Salah satu contohnya, teh mawar dapat meredakan gejala flu dengan efektif.

Baca Juga:Manfaat Bunga Kaca Piring bagi Kesehatan, Salah Satunya Bisa Turunkan Demam

  1. Memiliki sifat anti-peradangan

Teh mawar memiliki sifat anti-inflamasi layaknya obat aspirin atau ibuprofen. Teh ini juga dapat membantu dalam mencegah rasa sakit yang disebabkan oleh peradangan pada tubuh. Beberapa ahli  merekomendasikan seseorang yang mengidap rematik untuk mengonsumsi teh mawar secara rutin agar gejalanya bisa berkurang.

  1. Membantu pencernaan

Salah satu manfaat lainnya dari konsumsi teh mawar adalah mampu mengobati gangguan pada perut. Pasalnya, kandungan pada bunga mawar mampu meningkatkan produksi empedu hati. Dengan begini, tubuh dapat mencerna makanan lebih mudah, mencegah sembelit, hingga meningkatkan penyerapan nutrisi.

  1. Meredakan kram saat menstruasi

Efek anti-peradangan pada teh mawar dan nutrisi lainnya dipercaya mampu membantu dalam mengurangi nyeri saat haid. Seorang wanita dapat merasakan kram, kembung, dan nyeri yang lebih sedikit saat mengonsumsi teh ini.

Baca Juga:Shanaya Perkenalkan Tea Blend Kekinian di Siantar

Bukan hanya itu, hasil olahan mawar ini juga dapat mengurangi perasaan cemas dan perubahan suasana hati saat menstruasi.

  1. Mengurangi rasa cemas

Teh mawar juga dipercaya mampu membantu dalam meredakan rasa cemas serta mengurangi stres. Sebuah studi menyebutkan apabila kelopak mawar memiliki efek relaksasi, sehingga efektif dalam menurunkan tingkat stres dan meningkatkan kualitas tidur.

Kelopak dari mawar kerap dicampurkan pada teh yang mengandung l-theanine. Manfaat utamanya adalah mampu melawan kecemasan. Alternatif lainnya adalah mencampurkan kelopak mawar dengan lavender atau kamomil.

Baca Juga:Bahan Makanan Yang Harus Dihindari Dan Dikonsumsi Penderita Migrain

  1. Menangkal radikal bebas

Radikal bebas terkenal karena dampak buruknya pada tubuh, salah satu yang paling parah adalah kanker. Nah, teh mawar memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga mampu menangkal radikal bebas yang berbahaya serta meningkatkan sel di dalam tubuh. Agar tubuh tetap sehat, konsumsi teh ini secara rutin setiap hari.

  1. Menurunkan berat badan

Buat kamu yang sedang dalam program menurunkan berat badan, manfaat teh mawar selanjutnya adalah meningkatkan efek penurunan berat badan dengan efektif. Mawar terkenal mampu melawan peradangan yang dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Berbeda dengan teh biasa yang mengandung kafein, teh mawar bebas kafein. (halodoc/hm14)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,705FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles