1.3 C
New York
Saturday, January 28, 2023

Mengejutkan! PM Selandia Baru Jacinda Ardern Mengundurkan Diri

Jakarta,MISTAR.ID

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengundurkan diri dari jabatannya, Kamis (19/1/23). Pengumuman mengejutkan itu disampaikan Ardern dalam pertemuan kaukus tahunan partai yang digelar hari ini.

“Saya pergi, karena dengan peran istimewa seperti itu datanglah tanggung jawab. Tanggung jawab untuk mengetahui kapan Anda menjadi orang yang tepat untuk memimpin dan kapan tidak lagi,” ujar Ardern dikutip The Guardian, Kamis (19/1/23).

“Saya tahu apa yang dibutuhkan pekerjaan ini. Dan saya tahu bahwa saya tidak lagi memiliki cukup energi untuk melakukannya dengan adil. Sesederhana itu,” lanjut dia.

Ardern mengatakan “sudah saatnya” untuk dia melepas jabatan yang diemban sejak 2017 itu.

Baca juga:Pemimpin Selandia Baru dan Finlandia Tolak Pertanyaan tentang Usia dan Jenis Kelamin

“Saya manusia, politisi adalah manusia. Kami memberikan semua yang kami bisa selama kami bisa. Dan kemudian saatnya tiba. Bagi saya, ini sudah saatnya,” ujar dia.

Politisi perempuan tersebut mengaku telah merenungkan hal ini selama libur musim panas lalu. Dia pun memutuskan bahwa dirinya tak lagi bisa memimpin Selandia Baru.

Ardern menjadi kepala pemerintahan perempuan termuda di dunia usai terpilih sebagai perdana menteri pada 2017. Saat itu usianya 37 tahun.

Baca juga:Tersangka Pembunuhan Koper Korea Selatan Setuju diekstradisi ke Selandia Baru

Dia telah memimpin Selandia Baru melewati pandemi Covid-19 dan bencana besar negara itu termasuk serangan teror di dua masjid di Christchurch serta erupsi vulkanik di White Island.

Menutup masa jabatannya, Ardern berujar bahwa dia ingin diingat warga Selandia Baru “sebagai seseorang yang selalu berusaha bersikap baik.”

“Saya harap saya meninggalkan warga Selandia Baru dengan keyakinan bahwa kalian bisa menjadi baik namun kuat, berempati namun tegas, optimis namun fokus. Dan bahwa kalian bisa menjadi pemimpin diri Anda sendiri, seseorang yang tahu kapan saatnya untuk pergi,” ucapnya. (cnn/hm06)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,683FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles