7.4 C
New York
Monday, February 6, 2023

Dubes RI Pasang Target Kunjungan Wisman dari China

Beijing, MISTAR.ID

Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun memasang target yang realistis untuk kunjungan wisatawan asing dari China ke Indonesia. “Target kami tahun ini 253 ribu kunjungan wisman dari China ke Indonesia,” kata Dubes Djauhari di Beijing, Senin (16/1/23).

Dibandingkan dengan tahun-tahun sebelum pandemi Covid-19 yang mencapai angka 2 juta kunjungan wisman China ke Indonesia per tahun, menurut dia, target tersebut sangat kecil.

Namun, target 253 ribu cukup tinggi jika dibandingkan dengan jumlah kunjungan turis China dalam satu atau dua tahun terakhir. “Sebenarnya yang kami sasar adalah menarik kembali minat wisatawan dari China ke Indonesia dengan menghabiskan uang lebih banyak dan masa tinggal lebih lama,” kata Dubes Djauhari yang didampingi Sekretaris Pertama Fungsi Penerangan Sosial dan Budaya KBRI Beijing, Nugrahadi Hendro Yuwono.

Baca Juga:Sah! Indonesia-China Tanda Tangani Komitmen Dagang Senilai Rp125,6 Triliun

Apalagi menurut dia, pada tahun ini ada tiga kegiatan besar yang diharapkan mampu menarik wisatawan mancanegara ke Indonesia, yakni Festival Danau Toba, Piala Dunia U-20, dan MotoGP di Lombok. “Selain itu, kami juga menawarkan beberapa tempat menarik di Indonesia sebagai lokasi pengambilan gambar film,” ujarnya.

Sebelumnya, Dubes Djauhari telah menyosialisasikan beberapa kebijakan terkait kemudahan kunjungan wisatawan ke Indonesia, seperti pencabutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), fasilitas visa saat kedatangan (VoA), dan persyaratan minimum lainnya bagi pelaku perjalanan internasional, kepada awak media China.

Kementerian Pariwisata RI telah menargetkan kunjungan pariwisata di Indonesia selama periode 2023-2024 mencapai 1,4 miliar kunjungan wisatawan domestik dan 7,4 juta kunjungan wisatawan mancanegara. Separuh dari target tersebut berada di Bali.

Baca Juga:Rumah Sakit dan Krematorium China Penuh Jenazah Pasien Covid-19

Otoritas China telah membebaskan warganya bepergian ke luar negeri sejak 8 Januari 2023. Saat ini di China juga sedang berlangsung musim mudik liburan Tahun Baru Imlek hingga pertengahan Februari mendatang. Penerbangan langsung dari beberapa kota di China, seperti Beijing, Fuzhou, Shenzhen, dan Guangzhou, menuju Jakarta juga telah dibuka kembali.(antara/hm15)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,701FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles