14.2 C
New York
Tuesday, May 21, 2024

Tak Mau Pakai Masker, Mantan Aktor Diusir dari Pesawat

New York, MISTAR.ID

Seorang pria bernama Brandon Straka berkelakuan bandal. Saat disuruh pakai masker, dia tidak mau, akhirnya diusir dari pesawat di Bandara LaGuardia, New York, Amerika Serikat.

Dilansir BBC, pria yang dikenal sebagai mantan aktor, peñata rambut dan aktivis itu diusir dari pesawat karena menolak imbauan untuk menggunakan masker. Kala itu, ia tengah menaiki maskapai American Airlines.

Semenjak pandemi, memang ada beragam protokol kesehatan yang diterapkan di semua sektor demi mencegah penyebaran virus corona. Salah satu bidang yang turut menerapkan adalah maskapai penerbangan.

Baca Juga: AS Tolak Permintaan Maskapai China Untuk Penambahan Penerbangan

Straka menolak menggunakan masker karena menurutnya itu bukan kebutuhan mendesak. Apalagi sebelum naik ke pesawat ia dan para penumpang telah melalui serangkaian pemeriksaan yang memastikan mereka baik-baik saja.

Ia bahkan sempat berdebat dengan pramugari sebelum akhirnya di paksa keluar dari pesawat. Hal itu terlihat dari unggahan seorang reporter New York Times bernama Steadman di Twitter.

Steadman kebetulan saat itu tengah berada di satu pesawat dengan Straka. Dalam video yang direkam Steadman, terdengar suara Straka beredebat dengan pramugari yang bertugas.

Baca Juga: Menyikapi Maskapai Domestik dan Asing, China Berlakukan Reward dan Sanksi

“Pria itu tidak mau menggunakan masker dan membuat pesawat tidak bisa terbang. Akhirnya dia dikeluarkan dari pesawat dan semua orang bertepuk tangan,” cuit Steadman.

Pramugari menanyakan dokumen yang mengidentifikasi kondisi medis sembari mengimbau Straka untuk mengenakan masker. Tak lama kemudian, terdengar suara seorang wanita lainnya yang berteriak, “Tuan, bisakah Anda mengenakannya atau turun saja?!”.

Maskapai American Airlines telah mengumumkan aturan wajib menggunakan masker sejak pertengahan Mei lalu. Seluruh penumpang harus mematuhinya.

Beberapa penumpang yang dikecualikan dari aturan ini adalah mereka yang memiliki kondisi medis tertentu, anak-anak, dan penumpang yang tengah makan atau minum.

Tak terima karena diusir dari pesawat, Straka meluapkan kekesalannya melalui media sosial Twitter. Ia berkilah bahwa aturan menggunakan masker bukanlah peraturan federal.

“Saya baru saja dikeluarkan dari penerbangan karena tidak memakai masker. Pertama kali terjadi. Bukan hukum federal,” cuit Straka.

Menurut pihak American Airlines, memang benar tidak ada undang-undang federal yang mewajibkan penggunaan masker saat penerbangan. Tapi langkah ini merupakan salah satu cara mengurangi risiko penularan virus corona.(kumparan/hm02)

 

 

 

Related Articles

Latest Articles