5 C
New York
Monday, March 25, 2024

Masuki Musim Haji 2023, Berapa Harga Kurma dan Air Zamzam di Medan?

Medan, MISTAR.ID

Harga kurma dan air zamzam relatif stabil memasuki musim haji 2023. Hal itu sebagaimana dikatakan salah satu pedagang kurma dan air zamzam di Medan, Siti Nurjannah Tambunan.

Wanita yang akrab disapa Jannah itu pun mengatakan di musim haji kali ini ada beberapa jenis barang yang mengalami kenaikan dan tidak mengalami kenaikan harga.

“Sebenarnya kenaikan harga kurma dan air zamzam tidak saat memasuki musim haji ini, melainkan sejak memasuki musim umrah, yakni Oktober 2022. Karena setelah dibuka kembali umrah, jemaahnya ramai sekali,” jelasnya kepada Mistar, Kamis (1/6/23).

Baca juga: Ini 4 Hal yang Perlu Anda Tahu tentang Kurma Basah dan Kering

Diketahui Saudi Arabia sempat menutup ibadah umrah pada April 2022 lalu dan menutup ibadah haji untuk skala internasional karena kasus pandemi Covid-19 yang melonjak tinggi.

Akhirnya, pemerintah Saudi Arabia kembali membuka ibadah umrah pada Oktober 2022 dan haji pada tahun 2023 karena kasus Covid-19 yang sudah mulai melandai.

Jannah yang merupakan pemilik toko Syurga Kurma yang terletak di Jalan Williem Iskandar No. 235 Medan dan Jalan Terusan (Bandar Setia) Tembung itu pun melanjutkan. Dikatakannya, harga kurma dan air zamzam sempat sangat turun di masa Covid-19.

Baca juga: Di Tengah Pandemi Air Zamzam Dijual Online

“Karena tidak ada yang beribadah umrah dan haji, makanya barang pun banyak masuk ke Indonesia. Barang yang banjir itu mengakibatkan harga pun relatif turun sangat jauh. Murah sekali kalau saya bilang waktu masa Covid-19 dibandingkan sebelum masa Covid-19,” lanjutnya.

Dijelaskannya lagi, harga kurma dan air zamzam mulai merangkak naik pasca dibuka kembali ibadah umrah pada akhir tahun 2022 lalu.

“Kemudian ketika kemarin sudah dibuka ibadah umrah, nah di situlah mulai naik harga kurma dan air zamzam. Harga kurma saat itu mengalami kenaikan yang sangat signifikan. Bahkan ada yang menyentuh Rp30–40 ribu per kilogramnya,” terangnya.

Baca juga: Gurihnya Nasi Kebuli Khas Timur Tengah di Kisaran, Wajib Coba!

Harga kurma dan air zamzam yang sudah mengalami kenaikan saat dibuka kembali ibadah umrah, disebutkan Jannah. Maka ketika ada kenaikan harga saat masuk musim haji (2023) itu tidak terlalu signifikan.

“Saat ini, harga air zamzam sebesar Rp80 ribu, sebelumnya di harga Rp70 ribu per liternya. Sedangkan harga kurma sendiri berbeda-beda per kilogramnya tergantung jenisnya. Jadi, saat ini kurma ada yang Rp35 ribu per kilogramnya dengan jenis biasa. Ada yang ratusan ribu rupiah untuk yang jenis premium seperti kurma ajwa dan medjool,” terangnya.

Di samping itu, ia pun membeberkan penyebab terjadinya kenaikan harga kurma dan air zamzam. Disebutkan Jannah karena besarnya permintaan konsumen.

Baca juga: Musim Haji, Kebutuhan Avtur di Bandara Kualanamu Diprediksi Naik 1.061 KL Per Hari

“Karena mungkin besarnya permintaan dari konsumen saat dibuka kembali ibadah umrah, sehingga menyebabkan harga kurma dan air zamzam sempat melonjak tinggi,” sambung Jannah.

Tak hanya itu, ia pun merasa bersyukur karena walaupun harga kurma dan air zamzam mengalami kenaikan harga, tetap ada saja pembeli yang datang ke tokonya.

“Alhamdulillah pembeli mengalami peningkatan, karena banyak juga pelanggan kita yang berhaji sudah lanjut usia. Sehingga tidak bisa membawa oleh-oleh dari sana (Saudi Arabia), jadi kita bantu menyiapkan oleh-olehnya. Karenakan produk yang dijual sama dengan yang ada di sana (Saudi Arabia),” ucapnya penuh syukur.

Baca juga: Bupati Tepung Tawari 203 Calon Jamaah Haji Simalungun yang Masuk Kloter 14

Ditambahkannya juga, selain itu, ada juga jemaah haji yang sangat fokus beribadah, sehingga tidak sempat membeli oleh-oleh.

“Ada juga merasa harga di kita relatif lebih murah daripada di Makkah dan Madinah, karenakan di sana ada beberapa toko itukan menjual dengan harga wisatawan. Jadi harganya lebih mahal dibandingkan di Indonesia,” tutur Jannah menutup perbincangan. (Deddy/hm21).

Related Articles

Latest Articles