15.4 C
New York
Thursday, May 16, 2024

Harga Cabai Merah di Sumut Masih Tinggi, Bisa Berlanjut Hingga Nataru

Medan, MISTAR.ID

Harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat seperti cabai merah masih tergolong tinggi saat ini. Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) hari ini, Selasa (14/11/23) harga cabai merah di Kota Medan mengacu ditransaksikan rata-rata Rp52.500 per kg.

Sementara itu, untuk Sumatera Utara, harga tertinggi terpantau di Kota Gunung Sitoli, yang mencapai Rp80.000 per kg pada Selasa (14/11/23). Bahkan untuk harga cabai rawit juga menyentuh Rp82.500 per kg di Nias.

Di sisi lain, berdasarkan data PIHPS juga, harga gula pasir di Kota Medan juga telah disesuaikan pasca Bapanas menaikkan Harga Eceran Tertinggi (HET), yaitu Rp16.000 per kg.

Kini, rata-rata harga gula pasir ada pada Rp16.500 hingga Rp16.950 per kg. Pada harga gula pasir ini di Sumut terpantau paling tinggi dijual di Kota Padangsidimpuan mencapai Rp17.000 per kg.

Baca Juga: Jelang Akhir Tahun Harga Cabai di Pasar Sibuhuan Naik, Jadi Rp60 Ribu per Kg

Sementara itu, harga daging ayam terpantau bergerak stabil dengan kecenderungan melemah. Harga daging ayam di Kota Medan ditransaksikan di level Rp27.600 per kg. Sedikit melemah dibandingkan dengan harga di pekan lalu yang mencapai Rp27.900 per kg.

“Namun dalam jangka pendek, harga daging ayam ini berpeluang bergerak volatile dengan kecenderungan mengalami kenaikan,” kata Ketua Tim Pemantau Harga Pangan Sumut, Gunawan Benjamin, Selasa (14/11/23).

Menurutnya, penurunan harga ayam iji karena pasokan daging ayam yang masih dikendalikan turun. Serta sangat dipengaruhi oleh konsumsi maupun harga pangan subtitusi daging ayam seperti ikan segar.

“Menjelang Desember atau Natal dan Tahun Baru (Nataru) memang permintaan daging ayam akan mengalami kenaikan. Namun, harga daging ayam belum bisa dipastikan akan bergerak naik, harga daging ayam justru bisa membuat kejutan diluar ekspektasi dan perlu diwaspadai,” urainya.

Berbeda dengan daging ayam, harga bawang putih mengalami kenaikan di pekan ini. Mengacu kepada PIHPS, harga bawang putih di Kota Medan mengalami kenaikan Rp800 per kg menjadi Rp34.400 per kg dibandingkan dengan harga bawang putih di akhir pekan lalu.

Harga bawang putih paling mahal ada di Gunung Sitoli, Nias, yang mencapai Rp39.500 per kg.

Menurut Gunawa, kenaikan harga bawang putih ini diduga dipicu melemahnya mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat yang terjadi belakangan ini.

Baca Juga: Harga Cabai di Kota Pematang Siantar Makin ‘Pedas’

“Dan harga bawang putih secara keseluruhan masih berpeluang naik dalam waktu dekat. Sementara harga bawang merah yang mengalami kenaikan lebih dipengaruhi faktor domestik di mana sisi supply dari sejumlah wilayah mulai melimpah,” jelas Gunawan.

Tercatat untuk harga bawang merah di Kota Medan di level Rp28.500 per kg. Naik dibandingkan dengan posisi sebelumnya yang ditransaksikan di level Rp27.700 per kg.

Harga bawang merah paling mahal saat ini tercatat merah di Gunung Sitoli, mencapai Rp33.750 per kg. Sementara itu, untuk komoditas pangan strategis lainnya relatif stabil di pekan ini. (Anita/hm22)

Related Articles

Latest Articles