7.5 C
New York
Friday, April 19, 2024

Busan Menargetkan Jadi Tuan Rumah World Expo 2030

Busan, MISTAR.ID

Kota Busan di Korea Selatan menargetkan dapat jadi pemenang dalam pemungutan suara guna menjadi tuan rumah World Expo 2030.

“(Kami) 100 persen (yakin),” kata Direktur Divisi Jangkauan Pameran Luar Negeri Busan Metropolitan City, Hwang Hyun-ki, kepada peserta Indonesian Nex Generation Journalist Network on Korea di Busan, Kamis (1/6/23).

Busan bersaing dengan Odesa (Ukraina), Italia (Roma) dan Riyadh (Arab Saudi) untuk memperebutkan posisi sebagai tuan rumah World Expo, pameran global diikuti dari berbagai negara yang menampilkan berbagai potensi mereka.

Hwang mengatakan mereka berencana mengadakan World Expo 2030 di tengah kota Busan, di sekitar pelabuhan, ketimbang membuat lahan baru di pinggiran kota.

Melalui cara itu, mereka bisa menggunakan fasilitas yang sudah ada untuk mendukung pagelaran tersebut, misalnya transportasi.

Baca juga : Jadi Pemateri Indonesia-China Smart City Expo 2023, Wali Kota dr Susanti: Pematang Siantar Layak Sebagai Tujuan Investasi China

Hwang juga mempertimbangkan aspek ramah lingkungan dengan mengadakan World Expo 2030, yang merupakan proyek senilai 5,72 miliar dolar Amerika Serikat, di tengah kota.

“Kami sudah punya teknologi atau teknik supaya bisa membangun (fasilitas) yang sejalan dengan aspek ramah lingkungan,” kata Hwang.

Alasan lain mengadakan pameran di tengah kota adalah supaya kawasan tersebut bisa digunakan lagi sebagai hub untuk industri dan bisnis setelah berakhirnya acara.

Berkaitan dengan aktivitas pelabuhan, Hwang mengatakan tidak akan terganggu karena acara akan diadakan di pelabuhan yang berbeda. World Expo 2030 diperkirakan mampu menjadi daya tarik baru untuk mengunjungi kota Busan. (Antara/hm19)

Related Articles

Latest Articles