1.9 C
New York
Friday, February 16, 2024

Rekomendasi Jus Buah Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi

Jakarta, MISTAR.ID

Lazimnya kolesterol tinggi bisa diasumsikan menjadi keadaan saat kadar kolesterol dalam darah lebih tinggi dibandingkan nilai normal.

Kolesterol yang diabaikan tak terkendali lama-kelamaan mampu menyumbat pembuluh darah, hingga dapat menimbulkan penyakit stroke, aterosklerosis, angina dan serangan jantung. Kolesterol adalah senyawa lemak mirip lilin.

Dirangkum dari laman Kemkes.go.id, pada Senin (12/2/24), ada sejumlah gejala kolesterol tinggi yakni, pegal pada tengkuk atau Pundak, rasa nyeri di kaki, xanthelasma, mudah mengantuk, kesemutan dan dada terasa nyeri.

Baca juga:Cek Gula Darah, Asam Urat dan Kolesterol Ditanggung BPJS Kesehatan? Begini Penjelasannya

Gejala lainnya adalah disfungsi ereksi, xanthoma, perlemakan hati, gejala stroke dan kram.

Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Kolesterol tinggi dapat menimbulkan berjibun permasalahan kesehatan yang serius seperti stroke atau serangan jantung.

Hanya jangan khawatir, selain diet makanan yang berlemak, mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dengan memakan buah-buahan. Ada 3 resep jus buah yang efektif membantu penurunan kolesterol secara alami.

1. Jus perpaduan buah semangka, wortel dan jeruk.

Baca juga:4 Cara Mengatasi Kolesterol Naik Usai Lebaran

Semangka mempunyai khasiat khusus untuk kesehatan jantung dan mendorong menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Wortel memiliki vitamin A, B, C dan flavonoid yang berperan menurunkan kolesterol.

2. Jus campuran tomat dan buah semangka.

Tomat telah lama dikenal menjadi buah ramah jantung, akibat mempunyai antioksidan tinggi yang disebut likopen.

3. Jus campuran seledri, apel dan jahe.

Baca juga:Sinyal Bahaya! Sulit Tidur Bisa Jadi Gejala Kolesterol di Malam Hari

Seledri bagus dikonsumsi pengidap kolesterol tinggi karena memiliki zat fitosterol yang menangkal endapan kolesterol di dinding pembuluh darah manusia.

Ketiga resep jus buah itu dapat menurunkan kadar kolesterol apabila dikonsumsi secara rutin, serta dibarengi dengan diet makanan berlemak. (ktn/kcmtv/hm16)

Related Articles

Latest Articles