16 C
New York
Wednesday, April 17, 2024

Daftar KIP Kuliah 2024, Begini Caranya

MISTAR.ID

Banyak cara untuk bisa tetap melanjutkan studi ke perguruan tinggi, meski keadaan ekonomi keluarga belum menguntungkan. Salah satunya adalah anda bisa mendaftar menjadi peserta Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah yang bisa membiayai pendidikan  kamu.

KIP Kuliah merupakan program bantuan pendidikan yang memberikan pembiayaan biaya kuliah dan uang saku kepada mahasiswa hingga mereka lulus, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Untuk menjadi penerima KIP Kuliah, maka calon mahasiswa harus memenuhi syarat kepemilikan KIP, berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH), keluarga yang memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), mahasiswa dari panti sosial atau panti asuhan, atau mahasiswa dari keluarga yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Baca juga:Belum Terima Kuota Beasiswa KIP 2024, Berikut Bocoran Persiapan Persyaratannya di Unimed

Namun jika Anda tidak memenuhi salah satu dari lima kriteria di atas, jangan menyerah dulu. Calon mahasiswa masih dapat mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah Merdeka selama memenuhi persyaratan ekonomi yang tidak mampu sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Untuk membuktikan kondisi tersebut, pendapatan kotor gabungan orang tua atau wali tidak boleh melebihi Rp 4 juta per bulan, atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi dengan jumlah anggota keluarga tidak boleh melebihi Rp 750 ribu.

Pendaftaran untuk KIP Kuliah 2024 dapat dilakukan melalui situs Sistem KIP Kuliah dan aplikasi mobile KIP Kuliah. Sebelum mendaftar, pastikan Anda menyiapkan data NIK, Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan alamat email yang valid dan aktif.

Baca juga:Kemendikbudristek Luncurkan KIP Kuliah Digital

Berikut Langkah-langkah Membuat Akun KIP Kuliah 2023:

– Buka laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id.
– Pada halaman pendaftaran, masukkan NIK, NISN, dan NPSN.
– Sistem KIP Kuliah akan melakukan validasi terhadap ketiga data tersebut serta kelayakan untuk mendapatkan KIP Kuliah.
– Jika validasi berhasil, sistem akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang telah didaftarkan dan masih aktif.
– Buka email dan salin Nomor Pendaftaran dan Kode Akses tersebut.
– Masukkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses pada halaman Sistem KIP Kuliah.
– Selesaikan proses pendaftaran di sistem sesuai dengan jalur yang dipilih dalam seleksi nasional atau seleksi perguruan tinggi, dalam hal ini pilih SNBP.
– Buka portal SNPMB dan lengkapi proses pendaftaran SNBP.
– Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di perguruan tinggi melalui jalur SNBP, lakukan verifikasi yang dapat dilakukan di kampus masing-masing sebelum diajukan ke Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Nah, bagi yang menerima kriteria pendaftaran KIP Kuliah, jangan lewatkan kesempatan untuk mendaftar. Semoga proses ini bisa memudahkan Anda mencapai cita-cita. (mtr/hm06)

Related Articles

Latest Articles