17.6 C
New York
Thursday, September 12, 2024

Setahun Laporan Dugaan Korupsi Rapidin Simbolon Mandek, Mahasiswa Geruduk Kejati Sumut

Medan, MISTAR.ID

Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Sumatera Utara (Sumut) menggeruduk dan melakukan aksi demonstrasi di Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumut, pada Kamis (12/9/24).

Aksi tersebut dilakukan guna mempertanyakan Kejati Sumut dalam memproses hukum mantan Bupati Samosir, Rapidin Simbolon, mengenai laporan dugaan korupsi dana Covid-19 tahun 2020 di Kabupaten Samosir yang telah dilayangkan pada Agustus 2023 lalu.

Ketua DPD GMNI Sumut, Paulus Peringatan Gulo, dalam orasinya mendesak Kejati Sumut menangkap Rapidin dan diproses hukum terkait dugaan korupsi tersebut.

Baca juga:Laporan Praktisi Hukum Terkait Kasus Rapidin Simbolon di KPK ‘Mandek’

“Kasus korupsi Covid-19 ini sudah kami laporkan sejak Agustus 2023 lalu, tapi kenapa sampai saat ini Rapidin tidak diproses dan ditangkap oleh Kejati Sumut?,” tanyanya.

Sehingga, pihaknya pun menduga kuat Kejati Sumut ada bermain mata dan kongkalikong dalam kasus dugaan korupsi Covid-19 ini.

Paulus pun menerangkan bahwa pada pertimbangan Mahkamah Agung (MA) dalam putusan kasasi terhadap, mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Samosir, Jabiat Sagala (59), menyatakan Rapidin turut memanfaatkan dan menikmati dana Covid-19.

“Jadi, kami meminta kepada pihak Kejati Sumut untuk memberikan penjelasan terhadap laporan kami. Jika memang Rapidin tidak terbukti, maka Kejati Sumut harus menjelaskan kepada masyarakat agar ada kepastian hukum,” sebutnya.

Kemudian, Paulus juga menuntut Kejati Sumut supaya segera mengadili Rapidin apabila diduga kuat terbukti bersalah. Tak sampai situ, pihaknya pun meminta Kejati Sumut untuk transparan dalam menangani kasus ini.

Baca juga:Respons Aksi Mahasiswa, Kejatisu: Rapidin Simbolon Pasti Dipanggil

Menanggapi tuntutan massa aksi, perwakilan Kejati Sumut, Yeanni didampingi J Sinaga mengatakan bahwa laporan dari GMNI Sumut masih dalam tahap pengumpulan bahan dan keterangan (pulbaket).

“Terima kasih, untuk laporannya sudah ditindaklanjuti tapi masih dalam pulbaket dan jika ada bukti-bukti baru berikan sama kami,” katanya.

Menanggapi pernyataan pihak kejaksaan, Paulus mengatakan pihaknya sangat kecewa dengan jawaban Kejati Sumut yang meminta untuk membawa novum baru (bukti baru).

“Hari ini kami sangat kecewa, kenapa kecewanya? Masa kasus ini setahun, tapi yang menjadi pertanyaan di sini jawaban dari kejaksaan itu kami tidak puas. Kenapa? Kalau memang yang namanya tidak terbukti, tapi surat laporan sampai ke kami tidak ada. Untuk apa setahun lamanya?,” sebutnya.

Dia pun mencetuskan supaya hukum di Indonesia ini jangan tumpul saja ke atas, tapi tajam ke bawah. Sebab, kata Paulus, semuanya sama di mata hukum.

Baca juga:Desak Rapidin Simbolon Segera Ditangkap, Mahasiswa Kembali Seruduk Kejatisu

“Ada dugaan kuat Kejati Sumut ini bermain mata dan tidak berani memeriksa seorang Rapidin, mantan Bupati Samosir. Kenapa? Setahun ini ngapain saja? Ada sebulan tangkap kasus korupsi katanya, ini setahun tidak ada,” cetusnya.

Paulus pun memastikan bahwa pihaknya akan kembali melakukan aksi besar-besaran sampai Kejati Sumut menegakan hukum terhadap Rapidin.

“Artinya, bukan berarti aksi hari ini berhenti di sini, kita akan melakukan upaya-upaya hukum yang lain. Sehingga, nantinya kasus ini lebih terang daripada cahaya. Ada aksi selanjutnya. Kita akan mengadakan konsolidasi besar-besaran terkait kasus ini sembari mengikuti permainan mereka mencari novum baru,” pungkasnya. (deddy/hm16)

Related Articles

Latest Articles