22.4 C
New York
Thursday, July 18, 2024

Sepekan Jelang Lebaran, Warga Antusias Tukarkan Uang

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Beberapa daerah di Indonesia memiliki kebiasaan memberikan uang yang jumlahnya tidak terlalu besar kepada anak-anak saat Idul Fitri.

Termasuk di Kota Pematangsiantar, masyarakat rela untuk menukarkan uang receh atau uang kecil untuk diberikan kepada anak-anak menjelang lebaran.

Terlihat saat di Lapangan Adam Malik Kota Pematangsiantar sejumlah masyarakat setempat antusias menukarkan uang kecil yang disediakan oleh Bank Indonesia.

Seperti salah satu warga Kelurahan Dwikora, Sari antusias menukarkan uang untuk diberikan kepada anak-anak saat lebaran nanti.

Baca juga: Jelang Lebaran, Masyarakat Medan Serbu Lokasi Penukaran Pecahan Uang Baru

‘’Hari ini saya menukar uang receh sebanyak Rp1.000.000, untuk diberikan kepada anak-anak saat lebaran. Saya merasa terbantu dengan adanya penukaran uang yang disediakan oleh Bank Indonesia. Jadi saya tidak jauh-jauh nukarnya,’’ ujarnya kepada mistar.id, Senin (1/4/24).

Terpisah, warga Kelurahan Martoba Yudi mengatakan rela mengantre sejak pagi hanya untuk menukarkan uang baru melalui layanan penukaran uang atau program Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) Bank Indonesia Pematangsiantar. Ia ingin mendapatkan uang baru pecahan kecil.

“Kalau sudah mendekati Lebaran biasanya uang pecahan makin sulit didapat Makanya pas ada layanan penukaran yang dilakukan Bank Indonesia saya langsung ikut mengantre,” katanya.

Baca juga: BI Sumut Siapkan 152 Titik Tempat Penukaran Uang Baru, Maksimal Penukaran Rp3,8 Juta

Yudi mengungkapkan, sebelum menukarkan uang tersebut, terlebih dulu mendaftar secara online di aplikasi Penukaran dan Tarik Uang Rupiah (PINTAR) pada website www.pintar.bi.go.id.

Setelah mendaftar, pihak Bank Indonesia memberikan pelayanan penukaran uang Rupiah pecahan kecil pada masyarakat. (Abdi/hm20)

Related Articles

Latest Articles