12.1 C
New York
Tuesday, October 8, 2024

Baliho Caleg dan APK di Badan Jalan Buat Pemandangan Kota Sidikalang Semrawut

Dairi, MISTAR.ID

Maraknya umbul-umbul partai, alat peraga kampanye (APK), baliho caleg, spanduk dan stiker yang dipasang di median jalan, membuat pemandangan Kota Sidikalang semrawut. Kondisi itu terlihat di jalan nasional, sepanjang Jalan Sisingamangaraja – Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Sidikalang.

Keberadaan APK dan baliho caleg itu membuat warga terganggu dan resah. Terlebih, sering kali tali spanduk, tiang umbul-umbul berserakan di badan jalan hingga mengancam keseleamatan pengendara.

“Selain membuat semrawut, keberadaab APK itu kerap menggangu pengendara,” kata salah seorang warga, Senin (22/1/24).

Terkait kondisi ini, pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Dairi belum berhasil dikonfirmasi. Sementara, Ketua Bawaslu Kabupaten Dairi Idrus Maha mengatakan, keberadaan APK dan baliho-baliho caleg itu sudah disampaikan mereka kepada masing-masing parpol untuk ditertibkan.

Baca Juga : APK Caleg dan Capres-Cawapres Rusak Estetika Simalungun, Kasatpol PP : Belum Ada Kerja Sama

Terpisah, Kasatpol PP Dairi Horas Pardede mengatakan, sepanjang ada rekomendasi penertiban dari pihak-pihak terakit, pihaknya bersedia untuk melakukan pembersihan dan penertiban .

“Sebab untuk mentukan dasar hukum pemasangan zona APK, umbul-umbul, baliho caleg dan lainnya itu ada di KPU dan Bawaslu. Dampak gangguan lalu lintas juga ada instansinya. Namun sampai saat ini kami belum ada menerima surat rekomendasi untuk penertiban. (manru/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles