24.2 C
New York
Saturday, August 3, 2024

Bersama Warga Lawan Narkoba, Hinca Resmikan 9 Titik Poskamling di Kisaran Asahan

Asahan, MISTAR.ID

Anggota Komisi III DPR RI, Hinca Pandjaitan melakukan upacara peresmian Pos Keamanan Keliling (Poskamling) di 9 titik berbeda di Kelurahan Sentang, Kecamatan Kisaran Timur, Kabupaten Asahan, pada Sabtu (30/9/23).

Poskamling ini berfungsi sebagai pusat keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), sekaligus menjadi pos pencegahan narkoba.

Hinca didampingi Tokoh Pemuda Kisaran, Adi Candra Pranata, secara cermat mengunjungi dan meresmikan setiap Poskamling yang tersebar di seluruh lingkungan, sambil berdialog dengan warga setempat.

Baca juga: Kunjungi Asahan, Hinca Pandjaitan Bahas Restorative Justice dan Stunting   

“Poskamling ini merupakan langkah penting dalam memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat, serta sebagai pusat perlawanan terhadap ancaman narkoba,” ujar eks Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrat tersebut.

Kehadiran Hinca dalam acara ini juga bertujuan untuk mengadakan rapat rakyat darurat narkoba di kampung halamannya, Kisaran. Dia mengakui, bahwa narkoba masih merupakan masalah serius di wilayah tersebut.

“Kisaran adalah kampung saya, dan masalah narkoba masih menjadi ancaman di sini. Karena itu, kami membawa program ini ke sini, melibatkan masyarakat dalam upaya memerangi bahaya narkoba yang mengintai,” kata Hinca.

Baca juga: Hinca Pandjaitan Apresiasi Polres Tanjungbalai Terapkan RJ Bersifat Rehabilitatif

Selain meresmikan Poskamling, Hinca juga mengumumkan pengukuhan 63 orang pemuda dari Kelurahan Sentang sebagai anggota Satuan Tugas (Satgas) Khusus. Mereka akan bertanggung jawab mengawasi Poskamling dan menjadi pelopor dalam perlawanan melawan narkotika di lingkungan mereka masing-masing.

“Kami juga menerima keluhan dari masyarakat yang akan saya sampaikan ke Jakarta terkait masalah narkotika di daerah ini. Perlawanan melawan narkotika memerlukan kolaborasi masyarakat, dan hari ini, warga Kelurahan Sentang telah menunjukkan komitmennya,” tambahnya.

Jumiran, seorang perwakilan warga dari Lingkungan VII, mengapresiasi upaya pendirian Poskamling di wilayahnya. Dia menganggap, fasilitas tersebut akan membantu warga menjaga keamanan dan ketertiban serta mencegah penyebaran barang haram itu.

Baca juga: Hinca Pandjaitan: Penjahat Sebenarnya adalah Para Bandar Narkoba

Adi Candra juga mengungkapkan rasa terima kasih atas bantuan yang diberikan politisi Partai Demokrat ini, dalam meningkatkan kesadaran akan kamtibmas dan memerangi narkoba di masyarakat setempat.

“Acara ini memberikan semangat positif bagi masyarakat, khususnya di Kelurahan Sentang. Warga bisa berinteraksi langsung dengan wakil rakyat mereka, terutama saat difasilitasi dengan Poskamling ini,” ujarnya.

Selain peresmian Poskamling, acara rapat rakyat darurat narkoba juga mencakup kegiatan sedekah bumi sebagai bagian dari tradisi dan warisan budaya yang perlahan menghilang di masyarakat. Acara juga dimeriahkan dengan pawai obor dan sesi dialog antara masyarakat dengan Hinca. (perdana/hm16)

 

Related Articles

Latest Articles