19 C
New York
Monday, October 7, 2024

Hadapi Libur Lebaran, Forkopimda Samosir Antisipasi Secara Maksimal

Samosir, MISTAR.ID

Menjelang Hari Raya Idulfitri, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Samosir menggelar rapat lintas sektoral kesiapan Operasi Ketupat Toba 2023, Rabu (12/4/23) di Aula Kantor Bupati Samosir.

Rapat lintas sektoral dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1444 H di Wilayah Kabupaten Samosir dihadiri  Pj. Sekdakab Samosir, Waston Simbolon, Kapolres Samosir, AKBP Yogie Hardiman,  Ketua DPRD Samosir Sorta E. Siahaan, Dandim 0210/TU yang diwakili Pabung, AS. Butarbutar, serta para pejabat terkait.

Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman menyampaikan, pada liburan Lebaran tahun ini, diprediksi akan terjadi peningkatan pengunjung dibanding tahun-tahun sebelumnya. hal ini tentunya memerlukan persiapan pengamanan dan pelayanan terkait kegiatan masyarakat dan pengunjung yang datang ke Samosir.

Baca Juga:BPKP Sumut Gelar Pembinaan Penyelenggaraan dan Penilaian SPIP Terintegrasi di Samosir

Untuk itu, AKBP Yogie mengimbau kepada seluruh jajaran, baik kepolisian, TNI dan pemerintah agar bersama-sama melakukan pengecekan dan pengawasan terhadap kendaraan-kendaraan umum dan kesiapan pengendaranya.

Kepada Dinas Perhubungan Samosir, Ia meminta supaya menambah rambu-rambu peringatan, serta imbauan di area jalan Tele, agar pengendara tidak lalai dengan tujuan untuk menghindari terjadinya kecelakaan.

Pj. Sekdakab Samosir, Waston Simbolon menambahkan, agenda liburan Lebaran tahun ini akan lebih panjang, karena bukan hanya pengunjung yang akan datang, tetapi juga para perantau putra-putri asal Samosir akan pulang kampung.

“Untuk itulah perlu titik-titik pos pengamanan yang akan mengatur sehingga tidak terjadi kemacetan, baik pada jalur darat dan jalur penyeberangan danau. Demikian halnya pada stasiun pengisian BBM, dimana pada lokasi ini menjadi salah satu titik rawan terjadinya kemacetan,” katanya.

Baca Juga:Kapolres Samosir Pimpin Rapat Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting

Waston Simbolon meminta kepada pengelola angkutan penyeberangan tetap melakukan koordinasi dengan pos pengamanan serta melayani penumpang hingga antrian terakhir dengan mengedepankan keamanan, kenyamanan dan keselamatan penumpang.

Terkait penanganan sampah dan pengawasan di lokasi objek wisata, Waston meminta Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Samosir bersinergi dengan para Camat dan Kepala Desa.

Ketua DPRD Samosir, Sorta Siahaan mengapresiasi sinergitas seluruh lintas sektoral dalam upaya pengamanan libur lebaran dan berharap masing-masing instansi dapat melaksanakan SOP di lapangan, serta meminimalisir kesalahan.

Baca Juga:RSUD Hadrianus Sinaga Samosir Raih Akreditasi Paripurna 

Dalam rapat ini, Polres Samosir, instansi terkait, pengelola jasa angkutan dan penyeberangan, melakukan pemaparan terkait sejumlah kesiapan armada, personel, Pos Pengamanan dan Pelayanan Terpadu Masyarakat, serta langkah-langkah pengamanan keamanan dan ketertiban masyarakat dalam rangka menghadapi libur Lebaran tahun 2023.(Josner/hm01)

Related Articles

Latest Articles