15.8 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

PMKRI Siantar Sukses Gelar Diksospol dan Hukum

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Pematang Siantar Santo Fransiskus dari Assisi sukses melaksanakan kegiatan pendidikan sosial, politik (Diksospol) dan hukum, sejak Jumat (2/9/22) hingga Sabtu (3/9/22) bertempat di Gedung Serbaguna Pemko Pematang Siantar.

Pembukaan kegiatan dihadiri Sofie M Saragih selaku Kepala Kesbangpol Pematang Siantar, Elpina selaku Wakil Rektor III USI Pematang Siantar.

Kegiatan tersebut dibuka Edis Galingging, selaku Ketua Presidium PMKRI Cabang Pematang Siantar Santo Fransiskus dari Assisi.

Baca Juga:GMKI dan PMKRI Apresiasi Kapolri Mengungkap Tuntas Kasus Pembunuhan Brigadir J

Pemateri pertama kegiatan, RP Serafin Dany Sanusi OSC dari Komisi Kepemudaan Keuskupan Agung Medan, dengan judul materi patologi sosial, disusul Delima Silalahi selaku Direktur Eksekutif Kelompok Studi dan Pengembangan Prakarsa Masyarakat membawakan materi tentang teknik-teknik advokasi.

Pemateri ketiga, AKBP Fernando selaku Kapolres Pematang Siantar dengan judul materi urgensi restorative justice sebagai upaya penyelesaian hukum.

Hari kedua kegiatan berlanjut dengan mendatangkan pemateri keempat, yaitu Binaris Situmorang selaku Plt Ketua DPC Peradi Siantar-Simalungun dengan judul materi sistem hukum Indonesia.

Baca Juga:PMKRI Siantar Minta DPR RI Tidak Sahkan Pasal Bermasalah dalam RKUHP

Materi kelima dibawakan Edis Galingging, Ketua Presidium PMKRI Cabang Pematangsiantar Santo Fransiskus dari Assisi dengan judul materi peran mahasiswa dalam politik. Materi keenam dibawakan anggota DPRD Pematang Siantar Daud Simanjuntak dengan judul demokrasi sebagai sistem pemerintahan yang ideal.

Serta ditutup dengan materi ketujuh tentang Hak Asasi Manusia (HAM) dibawakan dosen pascasarjana USI Muldri PJ Pasaribu.

Vima Sidabutar, selaku ketua panitia menyampaikan, kegiatan yang menghadirkan beberapa mahasiswa di Kota Pematang Siantar, ada yang berasal dari mahasiswa USI, Universitas HKBP Nommensen, anggota KSPM Pematang Siantar dan anggota PMKRI Cabang Pematangsiantar.

Baca Juga:Diskusi Online Refleksi Dies Natalis ke-75 PMKRI: Dulu, Kini dan Akan Datang

Dian Sany Siagian, selaku Presidium Gerakan Kemasyarakatan (PGK) PMKRI Pematang Siantar yang juga steering committee dalam kegiatan ini menyampaikan kegiatan ini juga melakukan kerja sama dengan beberapa instansi. Seperti Peradi Pematang Siantar-Simalungun, Universitas Simalungun dan Polres Pematang Siantar.

“Kami menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada instansi atau lembaga yang sudah bersedia melakukan kerja sama dengan PMKRI Pematang Siantar,” ujar Dian.

Sementara itu Edis Galingging selaku Ketua Presidium PMKRI Cabang Pematang Siantar menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu program pengurus saat ini.

Baca Juga:GMKI dan PMKRI Kritisi Isu dan Kebijakan Nasional, Begini 7 Pernyataan Sikapnya

“Latar belakang kita melakukan kegiatan ini tidak terlepas melihat dari situasi mahasiswa saat ini yang sudah minim pemahaman tentang bagaimana sosial, politik, dan hukum yang saat ini terjadi,” paparnya.

Karena itu, lanjut dia, dengan adanya kegiatan ini sangat berharap kepada para peserta yang telah selesai mengikuti kegiatan untuk terlibat dan aktif dalam melihat situasi sosial, politik dan hukum di lingkungan masing-masing, baik di kampus atau di tengah-tengah masyarakat. (ril/maris/hm14)

Related Articles

Latest Articles