15.8 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Kementerian ATR/BPN dan Polri Janji Berantas Mafia Tanah

Simalungun, MISTAR.ID

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga (RHS), bertindak sebagai pembina upacara pada Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Tahun 2021, bertempat di halaman Kantor Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Simalungun, Jumat, (24/9/21).

Dalam kesempatan itu, Bupati Simalungun membacakan sambutan tertulis Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan A Djalil.

Dalam sambutannya, Sofyan A Djalil mengatakan, bahwa Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Tahun 2021 mengusung tema: “Percepatan pemulihan ekonomi melalui pelayanan tata ruang dan pertanahan yang profesional”.

Baca Juga:DPRD Desak Bupati Simalungun Segera Cabut SK Tenaga Ahli

Terkait tata ruang, Kementerian ATR/BPN telah meluncurkan inovasi dan terobosan Geografyc Information System Tata Ruang (GISTARU) di antaranya, RTR-Online, RDTR Interaktif, RTR-Bulider, Konsultasi Publik Online dan Protaru.

Sejalan dengan semangat percepatan pemulihan ekonomi nasional, akan diluncurkan sistem pendaftaran online Aplikasi Loketku dan Aplikasi Permohonan Informasi Online.

Dengan adanya layanan online ini, masyarakat lebih yakin mengenai kelengkapan berkasnya sebelum datang ke kantor pertanahan.

Dalam sambutan tertulis Menteri tersebut, Sofyan A Djalil juga mengatakan akan
memerangi kejahatan atau mafia tanah yang semakin meresahkan masyarakat.

Baca Juga:Ketemu Wamentan, Bupati Simalungun Ajukan Tambahan Kuota Pupuk Subsidi

Dikatakannya, Kementerian ATR/BPN bekerjasama dengan Polri untuk bersama-sama mengurasi dan memberantas mafia tanah sampai keakarnya.

Menteri juga mengajak gubernur dan bupati/wali kota untuk mensukseskan program percepatan PTSL, dengan mambantu masyarakat yang kurang mampu melalui anggaran pra-PTSL, sehingga target tahun 2025 seluruh bidang tanah di Indonesia terdaftar dapat dicapai.

Usai membacakan sambutan Menteri, Bupati Simalungun menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tinginya atas kerja samanya selama ini dengan Pemkab Simalungun.(roland/hm10)

Related Articles

Latest Articles