6.2 C
New York
Tuesday, January 31, 2023

Dibangun dengan Biaya Rp4,6 M, Puskesmas Kutabuluh Dibiarkan Tak Terurus

Karo, MISTAR.ID

Puskesmas Kutabuluh di Kecamatan Kutabuluh Kabupaten Karo disinyalir menjadi salah satu sumber penyakit akibat genangan air dan berlumut tepat di tengah gedung yang dibiarkan dan tidak dibersihkan.

Diketahui melalui papan informasi proyek pembangunan Puskesmas Kutabuluh berbiaya Rp4,6 miliar dilaksanakan oleh CV Karya Utama dengan waktu pelaksanaan 23 Agustus s/d 20 Desember 2021 dengan sumber dana alokasi khusus (DAK) Dinas Kesehatan Karo tahun anggaran 2021.

Kepala Puskesmas Kuta Buluh Dr Wasta Sinulingga saat dikonfirmasi tim media terkait kondisi puskesmas mengatakan pemeliharaan gedung masih ada dan genangan air ada karena hampir sama permukaan pembuangan di ruang terbuka dengan pipa besar.

Baca juga: Mangkrak, 10 Unit Mobil Dinas Kesehatan Tidak Terurus

“Sudah disampaikan dan sudah dilihat pengawas, lagi dikoordinasikan pengawas dan pemborong,” tambahnya lagi, Jumat (9/12/22).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karo drg Irna Sufina Sembiring menjelaskan mengungkap hal serupa. “Pekerjaan pemeliharaan belum selesai dan genangan air karena kemarin hujan lebat dan sudah saya suruh Kapus bersihkan,” katanya pada Jumat (9/12/22).

Selanjutnya tim awak media mempertanyakan bahwa genangan air di dalam gedung Puskesmas tersebut dapat menjadi sumber timbulnya penyakit karena genangan air terlihat sudah lama karena ditumbuhi lumut dan jelas terlihat sangat kotor.

Baca juga: Proyek Pembangunan Puskesmas Senilai Rp3,1 Miliar di Bangun Purba, Deli Serdang Mangkrak

Kemudian juga dipertanyakan titik lokasi tempat pembuangan pengelolaan limbah serta sumur resapan pada lokasi Puskesmas Kutabuluh, namun hingga berita ditayangkan drg Irna tidak lagi memberi jawaban.

Berdasarkan amatan awak media di lokasi gedung Puskesmas Kutabuluh terlihat sangat kotor, kumuh, sampah berserakan, air tergenang dan fisik bangunan yang dibangun pada tahun 2021 tersebut terlihat ada retak-retak dan berlepasan. (eva/hm09)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,690FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles