17 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Terkait Aneksasi Wilayah Ukraina, Komite Olimpiade Rusia Resmi Dibekukan

Moskow, MISTAR.ID

Komite Olimpiade Rusia (ROC) telah dibekukan oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) setelah secara sepihak memutuskan untuk mengakui organisasi olahraga regional di empat wilayah Ukraina yang dianeksasi sebagai anggota.

Keempat organisasi regional tersebut, yakni di Donetsk, Kherson, Luhansk, dan Zaporizhzhia, mewakili sebagian wilayah Ukraina yang diduduki dan dianeksasi secara ilegal, yang menurut IOC, berada di bawah wewenang Komite Olimpiade Nasional Ukraina.

Langkah yang diambil oleh ROC pada tanggal 5 Oktober ini disebut merupakan pelanggaran terhadap Piagam Olimpiade karena melanggar integritas teritorial Komite Olimpiade Nasional Ukraina.

Dilansir dari DW, Juru Bicara IOC Mark Adams menyebut Komite Olimpiade Rusia tidak lagi berhak untuk beroperasi sebagai Komite Olimpiade Nasional, seperti yang didefinisikan dalam Piagam Olimpiade, dan tidak dapat menerima dana apa pun dari gerakan Olimpiade.

Baca juga : Soal Pasokan Minyak 2024, Putin: Rusia dan Saudi akan Perpanjang Pengurangan Pasokan

Larangan ini menghilangkan hak ROC untuk mendapatkan pendanaan dari IOC yang berbasis di Swiss, yang bernilai jutaan dolar dalam setiap siklus pendanaan Olimpiade empat tahunan.

Namun, penangguhan ini tidak langsung berdampak pada atlet Rusia yang kembali berkompetisi di ajang olahraga internasional sebagai atlet netral. Langkah IOC disambut baik oleh Ukraina namun dikecam Rusia.

Kepala staf kepresidenan Ukraina, Andriy Yermak, menyambut baik langkah tersebut, menyebutnya sebagai keputusan penting.

Related Articles

Latest Articles