6.6 C
New York
Wednesday, March 29, 2023

Sprint Race Ubah Jadwal MotoGP 2023 Secara Drastis

Partimao, MISTAR.ID

MotoGP merilis waktu pelaksanaan Sprint Race pada musim MotoGP 2023. Kehadiran Sprint Race mengubah jadwal penyelenggaraan MotoGP dalam kalender penuh pada balapan MotoGP 2023 menjadi salah satu inovasi untuk makin meningkatkan daya tarik MotoGP.

Sprint Race akan digelar pada Sabtu, pukul 15.00 waktu setempat di tiap seri MotoGP. Sprint Race hanya memakan separuh jarak dari total balapan yang digelar di seri tersebut. Sprint Race pun berhadiah poin bagi para pembalap yaitu 12 poin untuk pemenang dan hanya ada sembilan pembalap terdepan yang berhak atas poin.

Sprint Race juga jadi penutup rangkaian kegiatan di hari kedua penyelenggaraan MotoGP pada Sabtu. Dengan kehadiran Sprint Race sebagai agenda baru, perubahan juga terjadi pada agenda lainnya. Pada Jumat, MotoGP kini menggelar sesi Practice. Tajuk kegiatan tidak lagi bernama Free Practice 1 dan 2, melainkan Practice 1 dan 2.

Baca juga: Sirkuit Jerez Spanyol Diperbaiki Jelang MotoGP 2023

Practice 1 dan Practice 2 akan menentukan posisi pembalap di babak kualifikasi, harus dari kualifikasi pertama atau bisa langsung lolos ke kualifikasi kedua. Practice 1 berlangsung 45 menit sedangkan Practice 2 berlangsung selama 60 menit.

Pada Sabtu, MotoGP menggelar Free Practice selama 30 menit yang dimulai pukul 10.10. Free Practice ini serupa dengan Free Practice 4 di mode sebelumnya karena tak lagi mempengaruhi kedudukan pembalap di kualifikasi. Setelah 10 menit Free Practice usai, babak kualifikasi pertama langsung digelar. Kualifikasi pun tidak lagi jadi penutup pertunjukan di hari Sabtu seiring kehadiran Sprint Race.

Sedangkan pada Minggu, sesi Warm Up bakal dimulai pukul 09.40 selama 10 menit. Setelah itu ada sesi Rider Fan Show yang dimulai pukul 10.00 dan digelar selama 30 menit. Sesi balapan MotoGP dimulai pukul 14.00 waktu setempat setelah balapan Moto3 dan Moto2 usai. (cnn/hm09)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,754FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles