9.3 C
New York
Sunday, May 12, 2024

Sejarah Buruk di Asian Games 2022, Atlet Bulu Tangkis Indonesia Gagal Masuk Semifinal

Jakarta, MISTAR.ID

Untuk kali pertama dalam sejarah Asian Games, Indonesia gagal meraih medali di cabang olahraga bulu tangkis, menyusul tidak ada satu pun wakil tim Merah Putih yang maju ke babak semifinal nomor perseorangan Asian Games 2022 Hangzhou.

Gregoria Mariska Tunjung, sempat menjadi satu-satunya tumpuan tunggal putri Indonesia yang tersisa. Namun harapan itu gagal karena kalah melawan wakil Jepang Aya Ohori 10-21, 19-21 dalam babak perempat final, Kamis (5/10/23).

Pada gim pertama, Ohori membuka dua poin. Gregoria mencoba untuk mengejar ketertinggalannya yang jauh. Banyak shuttlecock yang diarahkan kepada Gregoria menyangkut di net maupun melebar ke sisi luar lapangan sehingga skor bagi Ohori terus bertambah hingga unggul dan meraih interval pertama 11-2.

Baca juga:Susunan Pebulu Tangkis Indonesia Berlaga di Asian Games 2023

Setelah jeda, melalui usaha dengan kesabaran, Gregoria beruntuk meraih poin demi poin. Hanya saja, keuletan Ohori untuk membalas serangan dan memiliki pertahanan rapat, membuat keunggulannya bertahan semakin jauh, 16-5 atas Gregoria.

Berdasarkan pertandingan yang dilalui, Gregoria hanya mampu menahan tunggal putri peringkat 20 dunia dengan skor 16 dan meraih empat poin beruntun. Perjuangan itu tidak bertahan lama menyusul Ohori melakukan serangan sampai akhirnya meraih matchpoint, dan merebut gim pertama dengan skor 21-10.

Pada Gim kedua, Gregoria sempat terlihat berusaha bermain lebih sabar dalam meladeni reli-reli panjang. Sehingga berhasil dua poin beruntun.

Saat atlet tunggal putri Indonesia berada di peringkat tujuh dunia, itu juga memaksa Ohori bermain lebih cepat sehingga banyak kesalahan sendiri yang membuat Gregoria unggul sementara 6-1.

Baca juga:Empat Wakil Indonesia Berjuang di Perempatfinal Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia 

Keunggulan bagi Gregoria tidak bertahan lama. Secara perlahan Ohori menyusul sampai akhirnya terpaut satu poin dari Gregoria 8-7. Namun, dengan ulet Gregoria mengamankan interval gim kedua 11-9.

Setelah interval gim kedua, Ohori semakin percaya diri hingga mampu mengungguli Gregoria 12-11, sampai wakil Indonesia memberikan serangan-serangan dan memimpin lagi 14-13.

Perebutan angka di gim kedua berlangsung lebih sengit dan ketat. Kedua tunggal putri berusaha untuk lebih dekat menuju matchpoint di poin-poin kritis.

Baca juga:Turnamen Bulu Tangkis Kapolres Cup I Tahun 2023 Digelar di Tanjungbalai

Di poin 17-18, Gregoria terlihat mengobati lutut kirinya dengan spray penahan rasa sakit setelah jatuh-bangun menyelamatkan bola. Pada skor 19-19, serangan menyilang Gregoria keluar lapangan, dan matchpoint kedua direbut oleh Ohori, sekaligus menyabet gim kedua dengan skor 21-19.

Gregoria merupakan satu dari tiga wakil Indonesia yang berlaga di perempat final Asian Games 2022 Hangzhou. Ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, telah dinyatakan kalah menghadapi wakil Chinese Taipei Lee Yang/Wang Chi-Lin, 19-21, 18-21.

Tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting juga kalah dari wakil China Li Shi Feng dua gim langsung dengan skor 13-21, 17-21.(antara/hm17)

Related Articles

Latest Articles