10.6 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Raih Emas, Atlet Wushu Ini Targetkan Asian Games 2022

Jakarta, MISTAR.ID

Atlet wushu Indonesia, Edgar Xavier Marvelo berhasil meraih emas pada final kelas changquan putra SEA Games 2023 Kamboja.

Edgar mengantongi nilai tertinggi 9,73 poin. Medali perak direbut Jowen Lim Si Wei dari Singapura dengan 9,67 poin dan Wong Weng Song dari Malaysia meraih perunggu dengan 9,66 poin.

Usai meraih emas, Edgar menargetkan melakukan persiapan yang lebih matang menjelang pesta olahraga multicabang Asian Games 2022 yang akan digelar di Hangzhou, Tiongkok, pada bulan September tahun ini.

Baca juga: White Tiger Wushu Batu Bara Kepakkan Sayap, Bentuk Sasana Jaring Atlet Berprestasi

“Yang terdekat ada Asian Games, tetapi nama-nama atlet yang akan berangkat belum diberitahukan karena masih harus melewati tim review dari Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Jadi kita tunggu saja. Saya pribadi akan selalu siap jika dipanggil dan mempersiapkan diri sebaik mungkin,” ungkap Edgar, Sabtu (13/5/23).

Emas di SEA Games kali ini merupakan medali emas ketiga Edgar dari ajang multicabang dua tahunan negara-negara Asia Tenggara itu. Dua emas sebelumnya didapat Edgar pada SEA Games 2019 di Filipina.

Ketua Tim Review KOI, Jovinus Carolus Legawa atau akrab disapa Calvin memberikan apresiasi terhadap kesuksesan Edgar dkk di Kamboja. Ketua Komisi Sports Development KOI itu juga meminta Edgar dan kawan-kawan langsung melakukan persiapan menuju Asian Games 2023.

Baca juga: Alisya Persembahkan Emas Pertama Wushu untuk Indonesia

“Gerakan Edgar begitu sempurna saat tampil di nomor changquan. Makanya, saya meminta Edgar untuk langsung mempersiapkan diri menuju Asian Games 2022. Begitu juga atlet peraih medali emas lainnya akan kami rekomendasikan,” kata Calvin.

Indonesia menjadi juara umum di cabang wushu pada SEA Games 2023, dengan mengoleksi 6 medali emas, 6 perak dan 2 perunggu. (antara/hm16)

Related Articles

Latest Articles