17.8 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

MotoGP Jadikan Sirkuit Internasional Mandalika Tuan Rumah 2024

Jakarta, MISTAR.ID

Kalender resmi MotoGP, Jumat (29/9/23), menetapkan Sirkuit Internasional Mandalika yang terletak di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat menjadi tuan rumah kompetisi balap motor internasional MotoGP musim 2024.

Para pembalap motor populer seperti Francesco Bagnaia hingga Fabio Quartararo tersebut dikabarkan akan bertarung pada 27-29 September 2024.

Berdasarkan kalender MotoGP itu, Sirkuit Mandalika menjadi tempat ketiga kalinya bagi para pembalap internasional bersaing memperebutkan gelar juara MotoGP pertama yang digelar pada 2022.

Baca juga: Awali Start Balapan MotoGP India 2023 Direbut Bezzecchi

Pada edisi tahun lalu, Miguel Oliveira (Red Bull KTM) keluar menjadi juara . Sedangkan pada tahun ini, MotoGP 2023 Mandalika akan bergulir pada 13–15 Oktober.

Adapun MotoGP musim awal Maret 2024 dimulai di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar. Negara itu sebagai tempat pertama bagi ajang balap motor yang ditargetkan untuk memecahkan rekor 22 Grand Prix tersebut.

Selain itu, tahun 2014 akan mengawali perjalanan MotoGP untuk bertransisi menuju penggunaan 100 persen bahan bakar berkelanjutan. Mulai tahun depan, bahan bakar harus minimal 40 persen berasal dari non-fosil sebelum meningkat menjadi 100 persen pada tahun 2027.

Baca juga:Caricasulo Akhiri Puasa Gelar Lewat Race 2 WSSP Mandalika

Kalender 2024 juga tetap bersifat regional, dengan Grand Prix yang dikelompokkan secara geografis dan sepanjang rute yang memungkinkan peningkatan efisiensi saat angkutan barang dan personel melintasi berbagai belahan dunia.

Sebelum jeda musim panas, balapan dibagi menjadi 11 balapan.

Setelah Qatar, 10 Grand Prix di paruh pertama 2024 akan berlanjut ke Algarve (Portugal), Argentina, Amerika Serikat, Jerez (Spanyol), Prancis, Catalunya (Spanyol), Mugello (Italia), Kazakhstan, Belanda, dan Jerman.

Baca juga:Toprak Cetak Hat-trick, Bautista Juara Dunia di Race WSBK Mandalika 2022

Ada hal menarik dalam kalender MotoGP 2024, yakni hadirnya Sirkuit Internasional Sokol. Dimana itu akan membuat Kazakhstan menjadi negara ke-31 di dunia sebagai tuan rumah kompetisi itu.

Kemudian di putaran kedua bakal digelar di Silverstone (Inggris), sebelum berlanjut ke Austria, Aragon (Spanyol), San Marino (Italia), India, Mandalika (Indonesia), Jepang, Phillip Island (Australia), Thailand, Sepang (Malaysia), dan berakhir di Valenciana (Spanyol).(antara/hm17)

Related Articles

Latest Articles