22.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

Marc Marquez: Hati-hati Bagnaia, Jangan Kehilangan Fokus di Valencia

Valencia, MISTAR.ID

Rider Ducati Francesco Bagnaia di ambang gelar juara dunia MotoGP 2022. Marc Marquez menasihati Bagnaia agar tidak perlu ngoyo di MotoGP Valencia 2022.

Persaingan gelar juara MotoGP di antara Bagnaia dan Fabio Quartararo akan berakhir di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (6/11/22). Bagnaia menatap balapan dengan keuntungan besar karena memiliki keunggulan 23 poin dari pebalap pabrikan Yamaha itu.

Dengan situasi ini maka Bagnaia hanya membutuhkan finis seburuk-buruknya di posisi 14. Sementara Quartararo menghadapi tantangan mahasulit karena wajib memenangi balapan dan Bagnaia finis ke-15, atau lebih rendah lagi.

Baca juga: Bagnaia Berpeluang Pecahkan Rekor Jika Raih Juara Dunia MotoGP 2022

Marc Marquez pernah menghadapi situasi serupa ketika bersaing dengan Andrea Dovizioso sampai balapan terakhir di 2017. Ketika itu Marquez didukung keunggulan 21 poin. Rider Repsol Honda itu dipastikan merengkuh gelar juara dunia setelah finis ketiga sedangkan Dovizioso malah jatuh di putaran-putaran terakhir.

Berkaca dari pengalaman tersebut, Marquez menilai Francesco Bagnaia mestinya main aman saja di MotoGP Valencia 2022. Namun, hati-hati dengan potensi kehilangan fokus.

“Kalau anda balapan di Valencia dengan mempunyai keunggulan besar, maka anda perlu balapan secara konservatif,” kata juara dunia delapan kali itu di media. “Jika anda tiba di Valencia dengan keunggulan kecil, maka balapanlah dengan agresif! Serang!”

“Sebagai contoh di 2017, selama akhir pekan aku tampil menyerang penuh. Aku mendesak. Aku akan seperti itu terus di sepanjang musim, tapi pada Hari Minggu aku cuma mengendalikan balapan,” sambung Marquez.

Baca juga: Marc Marquez Come Back!

“Memang benar bahwa, di satu momen, aku mengatakan, ‘Oke, aku akan menyerang.’ Ini terjadi ketika aku membuat penyelamatan menakjubkan di Tikungan 1. Namun, penyelamatan itu membuatku tidak menyerang untuk sepanjang balapan. Aku terlalu konservatif.”

“Pada akhirnya tidak ada yang terjadi. Namun, untuk alasan ini, apakah anda terlalu konservatif? Terkadang anda kehilangan konsentrasi. Lebih baik sih kalau anda memang merasa nyaman dengan motor, balapan saja dengan cara seperti yang anda tahu,” imbuh Marc Marquez. (detik/hm09)

Related Articles

Latest Articles